Peran dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Testament atau Surat Wasiat di Kota Semarang


Neries Listyanto Putra, , 3450405052 (2011) Peran dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Testament atau Surat Wasiat di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peran dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Testament atau Surat Wasiat di Kota Semarang] Microsoft Word (Peran dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Testament atau Surat Wasiat di Kota Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Dengan adanya Undang-Undang Jabatan Notaris Nomor 30 tahun 2004 Tentang Peran dan Tanggung jawab Notaris ,diantaranya pasal 15 dimana notaris berwenang dalam membuat akta otentik Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Peran dan Tanggung Jawab Notaris dalam Pembuatan Testament atau Surat Wasiat?, (2) Syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi dalam pembuatan Testament atau Surat Wasiat?, (3) Hambatan-hambatan apa saja yang timbul dalm pembuatan testament atau Surat Wasiat dan bagaimana cara mengatasinya? Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui dan menganalisa Peran dan Tanggungjawab Notaris dalam pembuatan Testament atau Surat Wasiat; (2) Mengetahui Syarat-syarat yang yang harus dipenuhi dalam pembuatan Testament atau Surat Wasiat; (3) Mengetahui masalah-masalah yang timbul dalm pembuatan Testament atau Surat Wasiat dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan metode pendekatan yuridis sosiologis.Lokasi penelitian di Kantor Notaris dan PPAT di Kota Semarang. Sumber data dalam penelitian ini adalah: sumber data primer dari Notaris dan PPAT di Kota Semarang; Data sekunder dari Undang-undang Jabatan Notaris Nomor 30 Tahun 2004 tentang jabatan Notaris; Dokumentasi dari dokumen,buku-buku serta sumber lain yang relevan guna untuk memperoleh data tentang Peran dan Tanggung Jawab Notaris dalam pembuatan Testament atau Surat Wasiat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah: Wawancara; Observasi; Dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini, antara lain: pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; pengambilan keputusan. Prosedur penelitian, antara lain: pengajuan judul skripsi; penyusunan proposal; ijin penelitian; penyusunan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Notaris mempunyai peranan dan tanggung jawab yang penting dalam Pembuatan Testament atau Surat Wasiat, karena Notaris mempunyai peranan sebagai pencipta alat bukti tertulis dalam kaitanya dengan Testament sesuai kehendak terakhir si pewaris, berdasarkan Undang-undang Jabatan Notaris Nomor 30 tahun 2004. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan. Dalam pembuatan testamen, notaris hendaklah menjelaskan kepada pembuat testamen untuk mengutamakan bagian Ahli Waris Legitime Portie sebelum membuat testamen yang akan diberikan kepada pihak lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Notaris dalam Surat Wasiat
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:59
Last Modified: 04 Jul 2012 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item View Item