Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Huruf Jawa Kelas VII SMP dengan Aplikasi Macromedia Flash

Dani Kartika Hapsari, 2102407002 (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Huruf Jawa Kelas VII SMP dengan Aplikasi Macromedia Flash. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Membaca huruf Jawa merupakan salah satu kompetensi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bahasa Jawa kelas VII SMP. Pada pelaksanaan pembelajaran kompetensi ini, terdapat berbagai kendala yang ditemui. Salah satu kendala tersebut adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya minat siswa ini disebabkan oleh kurang tersedianya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut menjadikan perlunya sebuah media pembelajaran yang menarik pada kompetensi membaca huruf Jawa. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran membaca huruf Jawa kelas VII SMP dengan Aplikasi macromedia flash. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran membaca huruf Jawa kelas VII SMP dengan aplikasi macromedia flash . Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Data penelitian ini adalah data tentang kebutuhan media pembelajaran dan data uji ahli media pembelajaran membaca huruf Jawa bagi siswa kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket serta teknik wawancara. Teknik angket ada dua jenis, yaitu teknik angket kebutuhan dan angket uji ahli. Data hasil angket kebutuhan dianalisis menggunakan teknik mengarah pada proses menganalisis, memfokuskan, mentransformasikan data mentah menjadi desain media. Data hasil uji ahli dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran membaca huruf Jawa ini dilaksanakan melalui 6 tahapan, yaitu menemukan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan pembuatan produk. Proses pembuatan media menggunakan program aplikasi Flash untuk merangkai animasi dengan gambar dan suara. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media pembelajaran membaca huruf Jawa untuk siswa kelas VII SMP. Media ini berwujud CD interaktif yang berisi bacaan paragraf sederhana berhuruf Jawa disertai dengan gambar animasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai salah satu alternatif untuk pembelajaran membaca huruf Jawa. Diharapkan pula, bagi guru Bahasa Jawa agar senantiasa kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang diajarkan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: macromedia flash, mambaca huruf Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 22:45
Last Modified: 03 Jul 2012 22:45

Actions (login required)

View Item