Analisi Implementasi Kualitas Jasa Pada PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang”.


Muhtadi, 3353404071 (2011) Analisi Implementasi Kualitas Jasa Pada PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisi Implementasi Kualitas Jasa Pada PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang”.] Microsoft Word (Analisi Implementasi Kualitas Jasa Pada PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang”.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan ilmu pemasaran dalam bisnis jasa, persaingan antar pelaku bisnis jasa juga semakin ketat. Maka perusahaan pun berlomba-lomba meraih loyalitas pelanggan untuk memenangkan persaingan dengan memberikan nilai lebih atau kualitas jasa yang unggul. Kualitas jasa yang baik akan menghasilkan kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan merupakan faktor penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Salah satu yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas jasa yang terdiri dari 5 indikator. Pada PT. Bhada Ghara Reksa Semarang, indikator yang digunakan adalah: kehandalan (reliability), keberwujudan (tangible), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty), namun kepuasan pelanggan masih lemah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang pada tahun 2010. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah pelanggan PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang di Jawa Tengah, yaitu sebanyak 17 pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas) dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan 2 pelanggan (11,76%) merasakan kepuasan yang sangat tinggi, 13 pelanggan (76,48%) merasakan kepuasan yang tinggi dan 2 pelanggan (11,76%) merasakan kepuasan yang sedang akan kualitas jasa yang diberikan PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang yang terdiri dari indikator: kehandalan (reliability), keberwujudan (tangible), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Kesimpulan dari penelitian ini, ada pengaruh yang positif kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang. Adapun saran yang dapat diberikan bagi PT. Bhanda Ghara Reksa Semarang adalah, memperbaiki peralatan pendukung gudang dan angkutan, serta memperbanyak media informasi seperti iklan dan kotak saran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2012 02:26
Last Modified: 04 Jul 2012 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item View Item