Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta

Aditya Donny., 3352404534 (2011) Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawannya. Setiap organisasi maupun perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan, dengan harapan apa yang menjadi tujuan perusahaan akan tercapai. Berbagai cara akan ditempuh oleh perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawannya, misalnya dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan memberikan kompensasi yang memuaskan. Obyek yang digunakan adalah PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo, Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja karyawan PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo, Surakarta, secara parsial maupun simultan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sumarmo, Surakarta yang berjumlah 85 orang. Teknik pengumpulan sampelnya adalah tehnik sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. (t hitung sebesar 2,912 dengan sig. 0,005 < α = 0,05). (2). Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan ( thitung sebesar 6,007 dengan sig. 0,000 < α = 0,05). (3). Lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara bersama-sama. Hal ini dibuktikan dari uji simultan, yang didapat F hitung sebesar 300,470 dengan sig. 0,000 < α = 0,05. (4). Lingkungan kerja dan kepuasan kerja mampu berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 880% (adjsuted r square = 0,880). Korelasi parsial lingkungan kerja sebesar 0,306 dan korelasi parsial kepuasan kerja sebesar 0,553, yang berarti kepuasan kerja memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja karyawan. Dapat disimpulkan bahwa Lingkungan kerja dan Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, baik secara parsial maupun simultan. Pengaruh tersebut sebesar 880%. Saran yang diberikan adalah tetap mempertahankan sistem gaji, promosi, penyelia dan jenis pemberian tugas kepada perusahaan serta perlu ada alat peredam suara di setiap ruang kerja karyawan, sehingga suara bising pesawat tidak terlalu mengganggu konsentrasi dan kenyamanan karyawan dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 21:56
Last Modified: 03 Jul 2012 21:56

Actions (login required)

View Item