Studi Komparasi Antara Penggunaan Pendekatan Struktural Tipe (Think-Pair-Share) Dengan Metode Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep Persamaan dasar akuntansi Siswa Kelas XI Sma Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2010/2011


Gilang Pamungkas, 3301405642 (2010) Studi Komparasi Antara Penggunaan Pendekatan Struktural Tipe (Think-Pair-Share) Dengan Metode Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep Persamaan dasar akuntansi Siswa Kelas XI Sma Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Antara Penggunaan Pendekatan Struktural Tipe (Think-Pair-Share) Dengan Metode Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep Persamaan dasar akuntansi Siswa Kelas XI Sma Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Studi Komparasi Antara Penggunaan Pendekatan Struktural Tipe (Think-Pair-Share) Dengan Metode Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep Persamaan dasar akuntansi Siswa Kelas XI Sma Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa, menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama antara kelompoknya. Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 4 Purworejo yang diperoleh dari wawancara dengan guru mata pelajaran akuntansi siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS yang berjumlah 3 kelas pada semester 1 yang terlihat dari data rata-rata nilai ulangan pada materi sebelumnya dibawah nilai KKM. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah diantara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan metode pembelajaran konvensional manakah yang lebih baik dan tepat diterapkan dalam pemahaman pokok bhasan persamaan dasar akuntansi siswa pada kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo tahun ajaran 2010/2011? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar mengenai pemahaman konsep pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS(Think-Pair-Share) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 84 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 54 siswa dilakukan dengan uji homogenitas. Ada 2 (dua) Hal yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : pertama adalah Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan jumlah siswa 27 orang dengan metode konvensional dengan jumlah siswa 27 orang .kedua, Pemahaman konsep akuntansi siswa perusahaan jasa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian pada kelas TPS pada siklus I ketuntasan siswa 11,1%, pada siklus II 63% naik 51,9%, sedang pada siklus III ketuntasan siswa menjadi 100%. Sedangkan pada kelas konvensional ketuntasan belajarnya pada siklus I 44,4%, pada siklus II 55,5% naik 11,1%, sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 66,6 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas dengan menggunakan pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar mengenai pemahaman Persamaana dasar akuntansi. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah dalam menerapkan pembelajaran dengan pendekatan struktural tipe think-pair-share guru berusaha menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, aktif dan variatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dengan Pembelajaran Konvensional, Pemahaman Konsep Persamaan dasar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2012 01:47
Last Modified: 04 Jul 2012 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item