Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengusaha Pengolahan Tahu di Kota Ungaran


Angga Widhiawan, 7350407071 (2011) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengusaha Pengolahan Tahu di Kota Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengusaha Pengolahan Tahu di Kota Ungaran] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengusaha Pengolahan Tahu di Kota Ungaran) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Usaha pengolahan tahu adalah salah satu usaha yang berada di Kota Ungaran kabupaten Semarang. Usaha pengolahan tahu bertujuan untuk mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modal kerja, biaya overhead, tenaga kerja, jam kerja, lama usaha, dan jumlah hasil produksi terhadap tingkat pendapatan pengusaha pengolahan tahu di Kota Ungaran baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui modal kerja, biaya overhead, tenaga kerja, jam kerja, lama usaha, dan jumlah hasil produksi terhadap tingkat pendapatan pengusaha pengolahan tahu di Kota Ungaran secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah semua pengusaha pengolahan tahu di Kota Ungaran sebanyak 12 unit usaha. Variabel independen adalah modal kerja(X1), biaya overhead(X2), tenaga kerja(X3), jam kerja(X4), lama usaha(X5), jumlah hasil produksi(X6) dan dependen adalah tingkat pendapatan pengusaha pengolahan tahu(Y). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan,regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (F). Hasil penelitian dengan uji simultan (Fhitung) menunjukkan modal kerja, biaya overhead, tenaga kerja, jam kerja, lama usaha dan jumlah hasil produksi mempengaruhi pendapatan sebesar 4,676 dengan taraf signifikan 0,0046 sedangkan uji parsial (thitung) menunjukkan pengaruh modal kerja terhadap pendapatan sebesar 0,194 dengan taraf signifikan 0,009, biaya overhead sebesar 0,042 dengan taraf signifikan -0,873, tenaga kerja sebesar -1,669 dengan taraf signifikan 0,016 ,jam kerja sebesar 0,909 dengan taraf signifikan 0,016, lama usaha sebesar 0, 864 dengan taraf signifikan 0,034 dan jumlah hasil produksi sebesar 0,402 dengan taraf signifikan 0,007. Simpulan penelitian ini adalah pengaruh modal kerja, biaya overhead, tenaga kerja, jam kerja, lama usaha dan jumlah hasil produksi terhadap tingkat pendapatan pengusaha pengolahan tahu di Kota Ungaran sebesar 84,9% dan sisanya 15,1% dijelaskan oleh variabel lain. Dalam penelitian ini dapat disarankan kepada para pengusaha tahu hendaknya lebih memperhitungkan besarnya biaya-biaya yang digunakan dengan cara melakukan pembukuan rutin agar setiap saat dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran supaya hasil produksi bisa ditingkatkan, bagi penelitian selanjutnya hendaknya menggunakan variabel yang belum diteliti pada penelitian ini, sehingga diharapkan dapat diketahui variabel lain yang mempengaruhi tingkat pendapatan pengusaha tahu di Kota Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja, Biaya Overhead, Tenaga Kerja, Jam Kerja, Lama Usaha, dan Jumlah Hasil Produksi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 01:10
Last Modified: 04 Jul 2012 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12904

Actions (login required)

View Item View Item