Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achivement Devisions (STAD) Dengan media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Geografi Materi Pokok Hidrosfer pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangsri.

Ahmad.Chaqim, 3201407070 (2011) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achivement Devisions (STAD) Dengan media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Geografi Materi Pokok Hidrosfer pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangsri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achivement Divisions (STAD) dengan media pembelajaran interaktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) dengan dengan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar geografi materi pokok hidrosfer pada siswa kelas X SMA N 1 Bangsri. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) dengan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar geografi materi pokok hidrosfer pada siswa kelas X SMA N 1 Bangsri. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N I Bangsri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sebagai sampel diambil satu kelas, yaitu kelas X 3 sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan the one group pre test - post test design. Alat pengumpul data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) dengan media pembelajaran interaktif lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran geografi materi pokok hidrosfer kelas X SMA N 1 Bangsri. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pre test dan post test, diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 67.1 dan rata-rata nilai post test sebesar 79.2 mengalami peningkatan sebesar 12,1%. Sehingga dapat diketahui dari uji t yang menghasilkan thitung > ttabel yaitu 11.77 > 1.99 dengan dk = 39 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar post test dan pre test, jadi hipotesis diterima. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) dengan media pembelajaran interaktif sebagai upaya meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Pembelajaran Interaktif dan Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 21:00
Last Modified: 03 Jul 2012 21:00

Actions (login required)

View Item