Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak


Iin Handayani, 7350406061 (2011) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak] Microsoft Word (Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa. Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan agar tetap terjaga kelangsungan hidupnya dengan memuaskan konsumennya. Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan yang meliputi faktor tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak yang menggunakan jasa warnet yang berjumlah 3.275 pelanggan. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dalam Umar Husein dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 98 pelanggan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu kepuasan pelanggan yang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak termasuk dalam kategori baik, hal ini ditunjukkan hasil penelitian dari bukti penelitian antara lain pada faktor tangibles mendapatkan r11 tangibility (r = 0.570), reliability (r = 0.594), responsiveness (r = 0.627), assurance (r = 0.580), dan Empathy (r = 0.673). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut: 1). Ada pengaruh yang signifikan antara faktor bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Warnet Ifada Net Bulusari-Sayung Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 00:21
Last Modified: 04 Jul 2012 00:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item View Item