Pengaruh Kebijakan Investasi, Likuiditas, Dan Profitabilitas Perusahaan, Terhadap Kebijakan Deviden (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2007 - 2009)

Nugroho Joko W, 7250407016 (2012) Pengaruh Kebijakan Investasi, Likuiditas, Dan Profitabilitas Perusahaan, Terhadap Kebijakan Deviden (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2007 - 2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan perusahaan melalui, Kebijakan Investasi (Total Asset), Likuiditas (CR), dan Profitabilitas (ROA) terhadap kebijakan Deviden (Dividend Payout Ratio) perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2007 hingga 2009. Permasalahan dari penelitian ini adalah karena adanya kontradiksi antara teori dengan fakta yang ada mengenai pengaruh kebijakan Investasi (Total Asset), Likuiditas (CR), dan Profitabilitas (ROA) terhadap Deviden Payout Ratio (DPR) selama periode pengamatan tahun 2007 - 2009. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel sebanyak 12 perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan jangka waktu penelitian 2007 - 2009, data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan kuadrat persamaan terkecil dan uji hipotesis menggunakan Uji-t statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta Uji-F statistik untuk menguji pengaruh secara simultan. Selain itu sebelumnya juga dilakukan uji normalitas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, dan uji Autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linear berganda. Dari hasil analisis menunjukkan hasil secara parsial bahwa hanya variabel profitabilitas (ROA) yang berpengaruh secara signifikan terhadap DPR. Sedangkan investasi dan likuiditas (CR) tidak berpengaruh terhadap DPR. Secara simultan variabel Investasi, Likuiditas, dan Profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap DPR. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu Investasi, Likuiditas (CR), dan Profitabilitas (ROA) terhadap variabel dependen yaitu Dividend Payout Ratio (DPR) yang dapat diterangkan oleh model persamaan ini adalah sebesar 8,7% sedangkan sisanya sebesar 91,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Simpulan dari penelitian ini adalah secara simultan Investasi, CR, dan ROA tidak berpengaruh terhadap DPR, dan yang berpengaruh secara parsial terhadap DPR adalah profitabilitas. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan cara memperluas sampel penelitian, data penelitian, tahun penelitian, maupun kedalaman analisisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio, Kebijakan Investasi, Likuiditas, Profitabilitas Pecrusahaan Manufaktur.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:40
Last Modified: 03 Jul 2012 03:40

Actions (login required)

View Item