Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Nilai Tugas dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Comal Tahun 2011.

Adi Isna Maulana, 3201407059 (2011) Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Nilai Tugas dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Comal Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

SMA Negeri 1 Comal sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Pemalang mempunyai perpustakaan sekolah yang cukup lengkap yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar mempunyai peranan yang besar dalam menunjang pembelajaran, terlebih jika siswa dan guru bisa memanfaatkan perpustakaan secara optimal. Dari latar belakang tersebut dapat diambil rumusan masalah seberapa besar pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil nilai tugas mata pelajaran geografi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil nilai tugas mata pelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Comal. Sampel yang digunakan adalah 20% dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Comal, yaitu berjumlah 72 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan variabel terikatnya adalah nilai tugas mata pelajaran geografi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam hasil nilai tugas mata pelajaran geografi khususnya dalam tugas kliping ilmu penunjang geografi dan mengerjakan LKS sebesar 64,2%, dan termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil korelasi product moment diketahui bahwa nilai rhitung sebesar 0,744 dan nilai untuk rtabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 0,277 sehingga dinyatakan ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil nilai tugas mata pelajaran geografi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh simpulan bahwa perpustakaan sekolah mempunyai peranan yang besar dalam membantu siswa menyelesaikan tugas pembuatan kliping ilmu penunjang geografi dan mengerjakan LKS dengan memanfaatkan koleksi yang tersedia di perpsutakaan sekolah. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) bagi Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Comal perlu diupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas terutama kuantitas buku-buku pelajaran dan sumber belajar lain yang relevan dengan kurikulum geografi (KTSP), 2) bagi guru mata pelajaran geografi hendaknya merancang pembelajaran geografi dengan metode pemberian tugas kepada siswa yang diselesaikan dengan sumber belajar yang ada di perpustakaan sekolah, 3) bagi Koordinator dan Petugas perpustakaan SMA Negeri 1 Comal, hendaknya selalu membantu siswa dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah, 4) bagi siswa diharapkan untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, perpustakaan sekolah, tugas geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:31
Last Modified: 03 Jul 2012 03:31

Actions (login required)

View Item