Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012
Arif Wicaksono, , 3201407049 (2012) Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012 )
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Proses belajar mengajar geografi sering kali terjadi sangat membosankan dan tanpa adanya kebermaknaan dalam proses pembelajaran. Hal ini di akibatkan dalam proses pembelajaran masih konfensional sehingga kurang mengaktifkan siswa dalam proses pembelajar. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pendekatan holistic dalam pendidikan yang bisa digunakan untuk siswa yang sangat berbakat maupun untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dengan pendekatan pembelajaran CTL kesempatan yang diberikan kepada semua siswa untuk mengembangkan harapan dan bakat siswa dapat tercapai dengan konsep belajar mengajar yang membantu guru mengaitkan pembelajarn dengan dunia nyata sehingga pembelajaran tidak membosankan dan lebih bermakna. Permasalahan penelitian ini (1) Efektifkah pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar afektif siswa (2) Efektifkah pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar kognitif siswa (3) Bagaimana hambatan atau kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar afektif siswa (2) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan pendekatan CTL terhadap hasil belajar kognitif siswa (3) Untuk mengetahui bagaimana hambatan atau kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh tiga kelas yakni VII E untuk SMP Negeri 1 Wanadadi,VII B untuk SMP Negeri 2 Wanadadi dan di SMP Muhamadiyah Wanadadi hanya terdapat satu kelas VII.Variabel dalam penelitian ini (1) Hasil belajar afektif siswa (2) Hasil belajar kognitif siswa (3) Hambatan atau kendala pendekatan pembelajaran CTL dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran CTL sebagai berikut (1) Siswa SMP Negeri 1 Wanadadi memperoleh rata-rata klasikal sebesar 76% dengan kriteria baik (2) Siswa SMP Negeri 2 Wanadadi memperoleh rata-rata klasikal sebesar 72,88% dengan kriteria baik (3) Siswa SMP Muhamadiyah Wanadadi memperoleh rata-rata klasikal sebesar70.75% dengan kriteria baik. Sedangkan rata-rata klasikal hasil belajar kognitif siswa dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran CTL sebagai berikut (1) SMP Negeri 1 Wanadadi memperoleh rata-rata klasikal sebesar 75,80% dengan kriteria sangat efektif (2) Siswa SMP Negeri 2 Wanadadi yaitu sebesar 72,97% dengan kriteria efektif (3) Siswa SMP Muhamadiyah Wanadadi memperoleh rata-rata klasikal sebesar 70.00% dengan kriteria efektif Hambatan atau kendala yang dihapapi dalam penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran yaitu (1) Rendahnya pemahaman guru terhadap pendekatan pembelajaran CTL (2) Sulit untuk menentukan materi dan tujuan belajar (3) Tidak efektif karena dalam setiap pembelajaran CTL hasil belajar diperoleh dari hasil diskusi sehingga terlalu bnyak memakan waktu (4) Belum tersedianya bahan ajar yang sudah berbasis Contextual Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran CTL efektif terhadap hasil belajar siswa SMP di Kecamatan Wanadadi Banjarnegara dengan perolehan rata-rata klasikal hasil belajar afektif sabesar 73% dengan kriteria baik dan rata-rata klasikal hasil belajar kognitif sebesar 73.13 % dengan kriteria efektif. Hambatan atau kendala dalam menerapkan pendekatan CTL yaitu (1) Rendahnya pemahaman guru terhadap pendekatan pembelajaran CTL (2) Sulit untuk menentukan materi dan tujuan belajar (3) Tidak efektif karena dalam setiap pembelajaran CTL hasil belajar diperoleh dari hasil diskusi sehingga terlalu bnyak memakan waktu(4)Belum tersedianya bahan ajar yang sudah berbasis Contextual. Saran kepada guru agar menerapakan pendekatan pembelajaran CTL dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar afekif, dan hasil belajar kognitif siswa Bagi pihak sekolah dan dinas pendidikan mengadakan sosialisasi pembelajaran CTL bagi guru untuk bekal dalam melaksanakan KBM baik dilaksanakan dengan seminar, workshop atau melalui berbagai media
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jul 2012 07:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2012 07:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12884 |
Actions (login required)
View Item |