Survei Keberadaan Sarana Dan Prasarana Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri Di Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010

Melky. Firdaus,, 3201406578 (2012) Survei Keberadaan Sarana Dan Prasarana Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri Di Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Proses pendidikan dapat berjalan dan berhasil dengan baik seperti yang diharapkan juga ditentukan oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal yang harus didukung oleh semua pihak baik itu sekolah, pemerintah, maupun masyarakat, terutama dalam bidang penyediaan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran yang tersedia dan terawat dengan baik. Permasalahan (1) Bagaimana keberadaan sarana prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi SMA Negeri di Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. (2) Mengetahui besarnya perbandingan keberadaan sarana prasarana pembelajaran Geografi yang dimiliki masing-masing SMA Negeri di Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan (1) Mengetahui keberadaan sarana prasarana terhadap pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. (2) Mengetahui besarnya perbandingan keberadaan prasarana pembelajaran Geografi yang dimiliki masing-masing SMA Negeri di Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. Populasinya adalah semua SMA Negeri di Kabupaten Pemalang yang jumlahnya 11 SMA Negeri. Karena populasinya < 100 maka populasi dijadikan sebagai sampel. Jadi penelitian ini adalah penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel tunggal yaitu keberadaan sarana dan prasarana pembelajaran mata pelajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri yang ada di Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 memiliki sarana dan prasarana pembelajaran mata pelajaran geografi sangat lengkap dengan prosentase 82%. Perbandingan kelengkapan sarana prasarana geografi dari 11 SMA Negeri yaitu 4 (36%) SMA N yang keberadaan sarana prasarana pembelajaran mata pelajaran geografi lengkap yaitu SMA N 3 Pemalang, SMA N 1 Bantarbolang, SMA N 1 Moga, SMA N 1 Belik. Sedangkan 7 (64%) SMA N yang keberadaan sarana dan prasarana pembelajaran mata pelajaran sangat lengkap yaitu SMA N 1 Bodeh, SMA N 1 Comal, SMA N 1 Ulujami, SMA N 1 Petarukan, SMA N 1 Pemalang, SMA N 2 Pemalang, SMA N 1 Randudongkal. Saran yang dapat diberikan (1) Bagi SMA Negeri di Kabupaten Pemalang sebagai bahan informasi untuk melengkapi sarana dan prasarana terutama pada mata pelajaran geografi supaya pembelajaran lebih efektif. (2) Bagi guru mata pelajaran Geografi untuk lebih kreatif menggunakan sarana dan prasarana yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: survei sarana dan prasarana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:09
Last Modified: 03 Jul 2012 03:09

Actions (login required)

View Item