Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Kalangan Guru Sejarah SMA Kota Salatiga Dalam Implementasi KTSP Tahun 2011


Kholinda Andriastuti, 2101407032 (2011) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Kalangan Guru Sejarah SMA Kota Salatiga Dalam Implementasi KTSP Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Kalangan Guru Sejarah SMA Kota Salatiga Dalam Implementasi KTSP Tahun 2011] Microsoft Word (. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Kalangan Guru Sejarah SMA Kota Salatiga Dalam Implementasi KTSP Tahun 2011) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran merupakan serangkaian proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.Dalam KTSP seorang guru dituntut untuk dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik. Evaluasi merupakan hal penting yang berfungsi untuk mengukur kemampuan peserta didik, namun yang sering terjadi guru cenderung kurang memperhatikan proses evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Sejarah di SMA Kota Salatiga? (2) bagaimana kompetensi guru sejarah dalam melaksanakan evaluasi? (3) apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaaan evaluasi di Kalangan guru Sejarah SMA kota Salatiga dalam Implementasi KTSP tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sejarah SMA di kota Salatiga. Sampel penelitian adalah Guru Sejarah di SMA Negeri 3 Salatiga, SMA Theresiana Salatiga serta SMA Muhammadyah Salatiga. Data tentang Pelaksanaan evaluasi pembelajaran didapatkan dengan menggunakan observasi, angket dan wawancara. Setelah data terkumpul teknik analisis data yang digunakan adalah editing untuk meneliti kembali kelengkapan pengisian angket, skoring yaitu memberikan skor terhadap butir-butir pertanyaan dalam angket, kemudian tabulasi untuk menghitung data yang sudah diberikan skor untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif prosentase untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran SMA di Kota Salatiga sebagian besar sudah berjalan berdasarkan langkah-langkah evaluasi pendidikan, pelaksanaan evaluasi pembelajaran tersebut dimulai dari merumuskan perencanaan evaluasi, menyusun soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes yang kemudian dilanjutkan dengan menginterpretasi serta menindaklanjuti hasil evaluasi. Terdapat 83,3% guru sejarah yang mempunyai kompetensi sedang dan 16,6% guru yang mempunyai kompetensi tinggi. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi di kalangan guru sejarah SMA di kota Salatiga adalah keterbatasan waktu untuk melakukan evaluasi sesuai dengan kaidah evaluasi yang benar. Materi sejarah yang cukup padat dan jumlah kelas yang diampu cukup banyak menyebabkan guru harus lebih memfokuskan waktunya dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa Guru sejarah Dalam evaluasi pembelajaran, guru sebagai evaluator sudah seharusnya dapat melaksanakan proses evaluasi dengan baik, oleh karena itu, guru diharuskan lebih memperkaya skill kompetensinya dalam evaluasi dengan lebih memahami lagi tentang teknik dan prosedur evaluasi pendidikan hingga menafsirkan hasil dari pelaksanaan evaluasi tersebut dan didapatkan keputusan yang tepat demi tercapainya tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Guru Sejarah, Implementasi KTSP
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:32
Last Modified: 03 Jul 2012 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item View Item