Peningkatan Kreativitas siswa melalui permainan cipta lagu di SMA N 1 BANDAR kab, BATANG.


Agus Hidayat,, 2503406552 (2011) Peningkatan Kreativitas siswa melalui permainan cipta lagu di SMA N 1 BANDAR kab, BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kreativitas siswa melalui permainan cipta lagu di SMA N 1 BANDAR kab, BATANG. ] Microsoft Word (Peningkatan Kreativitas siswa melalui permainan cipta lagu di SMA N 1 BANDAR kab, BATANG. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Kemampuan bermusik merupakan kemampuan yang mempunyai peranan penting. Salah satunya adalah berkreativitas. Pembelajaran kreativitas melalui cipta lagu di kelas XI IPS 1 SMA N 1 BANDAR belum menunjukkan hasil yang optimal. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, yaitu kurangnya minat siswa dalam pelajaran Seni Budaya sehingga siswa kurang tahu mengenai pembelajaran cipta lagu, sedangkan faktor eksternal berasal dari kurang tepatnya guru dalam membelajarkan kreativitas cipta lagu. Pembelajaran masih dilaksanakan secara monoton dan konvensional sehingga siswa merasa jenuh dan tidak bersemangat. Pemilihan metode cipta lagu merupakan upaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 BANDAR. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini membahas permasalahan, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 BANDAR setelah mengikuti pembelajaran kreativitas dengan menggunakan metode cipta lagu; dan (2) bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 BANDAR setelah mengikuti pelatihan kreativitas dengan menggunakan metode cipta lagu. Metode penelitian dalam skripsi ini disajikan secara berurutan sebagai berikut : pendekatan penelitian , tempat dan waktu penelitian, sasaran kajian, teknik pengumpulan data, teknik analisa data dan teknik keabsahan data. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambil data tes yang digunakan berupa tes kreativitas melalui cipta lagu, sedangkan alat pengambil data nontes yang digunakan adalah pedoman pengamatan aktivitas belajar, catatan harian, wawancara, serta dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa metode cipta lagu dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa kelas XI IPS I SMA N 1 Bandar dalam pembelajaran kreativitas. Peningkatan kreativitas melalui cipta lagu diketahui dari hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 61,98. Nilai pada 63,65 dan termasuk kategori cukup; sedangkan pada siklus II mencapai 73,91 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 1,98; sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,26. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata yang dicapai siswa. Pada tahap prasiklus, rata-rata siswa mencapai 1,80 atau 41,31. Pada siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 1,94 atau 49,36 dalam kategori tidak aktif-kurang aktif. Walaupun masih dalam kategori tidak aktif-kurang aktif, namun siswa sudah menunjukkan aktivitas belajar lebih baik dari prasiklus. Pada siklus II, rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 0,89 menjadi 3,03 atau 75,75 dalam kategori aktif-sangat aktif. Terdapat perubahan yang positif dari siswa. Kesiapan siswa untuk menerima pelajaran belum terlihat pada prasiklus dan siklus I. Siswa masih berbicara dengan teman sebangkunya, bermain handphone, mengantuk, bercanda, usil, dan tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus II, siswa lebih aktif, serius, antusias, dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa sudah menampakkan keaktifannya dalam bertanya, bahkan siswa yang tadinya usil dan pasif dalam pembelajaran sudah terlihat aktif saat diskusi kelompok. Dengan demikian, metode cipta lagu dapat meningkatkan kreativitas siswa. . Saran yang dapat diberikan peneliti antara lain: (1) bagi guru Seni Budaya dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan metode cipta lagu dalam pembelajaran kreativitas. (2) bagi siswa, sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berkreativitas, (3) para peneliti dalam bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan memadukan atau mengganti metode pembelajaran yang digunakan dengan metode pembelajaran lainnya, sehingga didapatkan alternatif lain untuk pembelajaran cipta lagu yang mampu meningkatkan kemampuan siswa menjadi lebih baik lagi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, cipta lagu, seni budaya
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:27
Last Modified: 03 Jul 2012 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12875

Actions (login required)

View Item View Item