dan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pajak Pratama Semarang Barat


Putri Indah Nilasari , 7250306033 (2010) dan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pajak Pratama Semarang Barat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of dan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pajak Pratama Semarang Barat] Microsoft Word (dan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pajak Pratama Semarang Barat) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan Negara yang cukup besar sehingga wajib pajak diharuskan untuk memenuhi kewajiban pajaknya setiap tahun setelah tahun pajak berakhir. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kantor pelayanan pajak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi wajib pajak,bagaimana Prosedur Pelaporan dan Perhitungan SPT Tahunan Orang Pribadi dan kendala apa saja yang dihadapi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat. Tujuan dari pembuatan Tugas akhir ini adalah ingin mengkaji dan mendsikripsi bagaimana Prosedur Pelaporan dan Perhitungan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat, mengetahui masalah yang dihadapi mengenai Prosedur Pelaporan Dan Perhitungan SPT Tahunan Orang Pribadi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam observasi ini adalah metode wawancara yaitu dengan melakukan tanya jawab langsung dengan bagian yang mempunyai wewenang terhadap pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat dan metode dokumentasi yaitu dilakukan dengan cara mengumpulkan data mengenai dokumen dan data-data yang dibutuhkan untuk observasi mengenai pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat kemudian melakukan pencatatan terhadap data yang diperlukan, dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh Pelaporan SPT Tahunan tentang prosedur penyelesain SPT yang bertugas mengecek kelengkapan SPT dan prosedur pengolahan PPh wajib pajak orang pribadi juga apa kendala yang dihadapi kantor pelayanan pajak dan batas waktu pembayaran pajak. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Prosedur Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat sebaiknya dilakukan adanya koordinasi dalam pelayanan bagi wajib pajak yang kurang paham akan pembayaran pajak dan terbatasnya waktu pembayaran pajak baik manual atau on-line juga adanya pelaksanaan Prosedur Pelaporan PPh Orang Pribadi yang masih perlu melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan bagian terkait juga meningkatkan koordinasi dengan instruksi yang terkait.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prosedur dan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:13
Last Modified: 03 Jul 2012 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item