Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan


Dedy Purba Jaya Laksana, 7101407205 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan] Microsoft Word (Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pembelajaran Kearsipan yang dilakukan sekarang ini yaitu pembelajaran secara langsung tanpa menggunakan media. Oleh karena itu, siswa menjadi bosan dan lelah sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang optimal. Salah satu untuk meningkatkan perhatian belajar dengan cara diberi stimulus malalui media CD Interaktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar lebih baik. Dalam CD Interaktif ini berisi Video Pembelajaran, Kuis, dan Simulasi Kearsipan. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang muncul yaitu apakah penggunaan media CD Interaktif dalam pembelajaran Kearsipan lebih efektif dibanding tidak menggunakan media CD Interaktif? Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran CD Interaktif dan mengetahui keefektifan penggunaan media CD Interaktif dalam pembelajaran Kearsipan. Dalam mengembangkan media pembelajaran CD Interaktif penulis melakukan beberapa langkah yaitu: 1) Melakukan riset 2) Membuat desain produk media pembelajaran 3) Validasi desain oleh para ahli dan guru pengajar kearsipan 4) Perbaikan desain Sesuai dengan masukan dari para ahli dan guru pengajar 5) Uji coba terbatas pada siswa SMK PGRI 1 Semarang dengan populasi siswa kelas XII XII AP 1 sebagai eksperimen dan XII AP 2 sebagai kontrol 6) Model final media pembelajaran. Hasil validasi oleh para ahli dan guru pengajar telah memberi beberapa masukan tentang isi dari media pembelajaran yang dikembangkan oleh penulis. Sehingga saat penulis melakukan revisi produk sesuai dengam masukan dari para ahli dan guru pengajar baik dari segi isi media pembelajaran dan segi teknis media pembelajaran ini. Hasil dari uji coba terbatas kepada siswa kelas XII SMK PGRI 1 Semarang di peroleh hasil kelas XII AP 1 sebagai kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,85 dan pada kelas XII AP 2 sebagai kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,41. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD Interaktif yang dikembangkan oleh peneliti lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar kearsipan dibanding tidak menggunakan media CD Interaktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengajar Kearsipan dan Pengembang Media Pembelajaran untuk menerapkan media CD Interaktif dalam pembelajaran. Selain itu sebagai masukan bagi Program Studi Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media CD Interaktif, dan Kearsipan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:57
Last Modified: 03 Jul 2012 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12870

Actions (login required)

View Item View Item