Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan Kelas XI Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Smk Teuku Umar Semarang


Siska Indah Yulianti, 7101407161 (2011) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan Kelas XI Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Smk Teuku Umar Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatan  Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan Kelas XI Jurusan Pendidikan Administrasi  Perkantoran  Smk Teuku Umar Semarang] Microsoft Word (Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Diklat Kearsipan Kelas XI Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Smk Teuku Umar Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Guru dituntut agar dapat menyampaikan materi pembelajaran secara jelas, bermakna dan bila perlu memanfaatkan media yang menjembatani proses pemerolehan materi pelajaran menjadi mudah dan mengalir sesuai dengan perkembangan mental mereka. Banyaknya materi dengan alokasi waktu yang terbatas juga merupakan salah satu masalah yang dihadapi guru kearsipan sehingga belajar kearsipan seolah – olah menjadi hal yang membosankan selain itu guru juga kurang memanfaatkan media yang berada di sekitar lingkungannya sehingga berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karenya dibutuhkan pembelajaran kearsipan yang inovatif, menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan pendidikan Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang setelah menggunakan media pembelajaran CD interaktif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Teuku Umar semarang dengan sampel siswa kelas XI AP 1. Penelitian ini menggunakan dua siklus, berdasarkan hasil tes evaluasi siswa dilaksanakan pada akhir siklus 1 didapatkan nilai rata-rata sebesar 65,16 dengan presentase ketuntasan sebesar 41,17%, aktifitas siswa mencapai 70% sedangkan dari hasil observasi kinerja guru mencapai 70%. Secara garis besar pembelajaran pada siklus 1 telah berjalan dengan lancar namun harus mengalami perbaikan karena hasil belajar siswa belum mencapai indikator keberhasilan sehingga dilaksanakan siklus kedua. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 78,06 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 73,52%, aktifitas siswa mencapai 86% dan aktifitas guru 84%. Sebanyak 9 siswa dari 34 siswa tidak berhasil lulus dari nilai KKM yaitu 75. Ini berarti mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu sebanyak 20 siswa. Peningkatan itu sudah sangat baik dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari indicator ketuntasan yang sudah ditetapakan dapat terpenuhi yaitu 65% dari seluruh tujuan pembelajaran. Saran yang diberikan yaitu guru dapat menggunakan media CD interaktif sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI AP 1 kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan dan guru mendaknya dapat menguasai media pembelajaran yang akan digunakan sehingga pembelajaran guru tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran CD interaktif dan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:54
Last Modified: 03 Jul 2012 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item View Item