Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 6 Purworejo


Septi Endah Parwati, 7101407127 (2011) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 6 Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 6 Purworejo] Microsoft Word (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 6 Purworejo) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Pencapaian kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja. Dalam kasus ini kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja SMA Negeri 6 Purworejo terbilang baik, namun belum dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap kinerja guru. Hal ini bisa ditunjukan dengan beberapa guru masih terlambat dalam membuat kelengkapan pembelajaran pada tiap semesternya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang ada di SMA Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 44 guru. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan lingkungan kerja (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Dengan menggunakan SPSS For Windows Release 16 diperoleh persamaan regresi berganda Y = 5,347 + 1,336X1 + 0,140X2. Hasil uji parsial diperoleh thitung = 10,108 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 untuk kepemimpinan kepala sekolah dan 2,408 dengan signifikansi 0,021 < 0,05 untuk lingkungan kerja. Uji simultan diperoleh Fhitung = 97,731 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga H1 berbunyi ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja guru SMA Negeri 6 Purworejo, dan H2 berbunyi ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kinerja guru SMA Negeri 6 Purworejo. Simpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru SMA Negeri 6 Purworejo. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu kepala sekolah hendaknya melakukan pengawasan dan penilaian kerja yang lebih intensif, terbuka dan mau bekerjasama yang baik dengan guru sehingga para guru merasa bahwa dirinya diperhatikan dan merupakan bagian yang penting dari sekolah. Guru hendaknya dapat meningkatkan metode pengajaran dan perbaikan sistem dengan cara menciptakan inovasi alat atau media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Misalnya menggunakan multimedia dalam kegiatan pembelajaran agar materi yang diajarkan lebih jelas dan menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:50
Last Modified: 03 Jul 2012 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item