Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pati Program Tahun Ajaran 2010/2011 dengan Cara Belajar Siswa Sebagai Variabel Intervening

Suprih Susilowati, 7101407024 (2012) Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pati Program Tahun Ajaran 2010/2011 dengan Cara Belajar Siswa Sebagai Variabel Intervening. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar kelas XI IPS mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pati belum maksimal. Banyak siswa yang mendapat nilai akuntansi dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini disebabkan adanya faktor minat belajar dan cara belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2010/2011 dengan cara belajar siswa sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pati yang berjumlah 65 siswa. Variabel yang diteliti adalah minat belajar sebagai variabel bebas, cara belajar sebagai variabel bebas sekaligus sebagai variabel intervening dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yang pertama X2 = 34,949 + 0,872X1 dan persamaan regresi yang kedua Y = 45,016 + 0,403X1 + 0,250X2. Kontribusi minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam hubungan langsung sebesar 40,3 %. Sedangkan minat belajar berpengaruh terhadap cara belajar dalam hubungan tidak langsung sebesar 87,2 % dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 25 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dalam hubungan langsung dan terdapat pengaruh minat belajar terhadap cara belajar dalam hubungan tidak langsung serta cara belajar terhadap hasil belajar. Saran penulis antara lain siswa hendaknya meningkatkan minat belajarnya melaui keaktifannya dalam merespon pembelajran dan siswa hendaknya memiliki cara belajar yang efektif bagi dirinya melalui pembuatan jadwal belajar secara teratur dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Cara Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Jul 2012 23:05
Last Modified: 02 Jul 2012 23:05

Actions (login required)

View Item