Penerapan Metode Ear Training Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motifasi Bernyanyi Siswa Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 24 Semarang


Gian Isnaeny, , 2401404054 (2011) Penerapan Metode Ear Training Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motifasi Bernyanyi Siswa Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 24 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Metode Ear Training Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motifasi Bernyanyi Siswa Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 24 Semarang] Microsoft Word (Penerapan Metode Ear Training Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motifasi Bernyanyi Siswa Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 24 Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Guru SMPN 24 mempunyai kompetensi dan kinerja yang baik dalam menumbuhkan semangat dan motivasi bernyanyi siswa. Salah satunya dengan menerapkan metode Ear Training. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan prestasi yang ditunjukkan pada nilai dalam rapot siswa. Sehubungan dengan hal itu, penulis tertarik untuk meneliti; 1) Bagaimana penerapan Metode Ear Training dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi benyanyi pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang? 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan Metode Ear Training untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi bernyanyi siswa di kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Ear Training dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi benyanyi pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang, dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, metode, dan data. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Ear Training dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi benyanyi siswa pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang. Terbukti dengan para siswa yang tampak senang, lebih semangat, aktif mengikuti pembelajaran, antusias dalam bertanya, serta sangat memperhatikan penjelasan guru. Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Metode Ear Training adalah faktor dari dalam (penglihatan yang kabur, bakat musik siswa, minat, emosi, kesehatan) dan faktor dari luar (kelelahan fisik dan latar belakang pembelajaran vokal). Kesimpulan dan saran dari penelitian adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran vokal dengan menggunakan Metode Ear Training sangat tepat, karena membantu meningkatkan kemampuan vokal siswa. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah guru tetap mengupayakan pelaksanaan pembelajaran secara aktif, kreatif dengan memanfaatkan sarana/sumber belajar yang ada. Guru dipacu untuk lebih kreatif dalam mengadakan pendekatan pembelajaran vokal dengan Metode Ear Training, agar menghasilkan kemampuan vokal yang lebih maksimal bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Ear Training, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Bernyanyi,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 02:43
Last Modified: 03 Jul 2012 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item View Item