Desain Website “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen”


Endang Sri Praswati, 2451307035 (2011) Desain Website “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Desain Website “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen”] Microsoft Word (Desain Website “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen”) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Tema tugas akhir yang penulis ajukan adalah sebuah website “Perusda Percetakan dan Penerbitan” sehubungan dengan penyampaian informasi tentang jasa percetakan dan penerbitan untuk dinas/ instansi dan masyarakat umum. Penulis ingin menerapkan ilmu yang pernah diperoleh pada masa perkuliahan diantaranya Nirmana, Komputer Grafis 1 dan Komputer Grafis 4, Desain Website dan Animasi dengan mencoba menawarkan suatu media penyampaian informasi dan promosi “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen” melalui website sekaligus menjelaskan proses pembuatan desain website. Website adalah kumpulan halaman–halaman situs yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau sub domain yang menampilkan informasi, baik berupa gambar gerak, suara, atau gabungan dari semuanya baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian konstruksi yang dihubungkan dengan link. Sebagai salah satu produk konvensional, website merupakan hasil pemecahan masalah berdasarkan pendekatan komunikasi visual berisi spesifikasi produk yang sangat khas dan operasional. Langkah–langkah yang ditempuh dalam pembuatan website “Perusda Percetakan dan Penerbitan” melalui beberapa tahapan antara lain yaitu; pertama melakukan proses pencarian ide dan pengumpulan data untuk menentukan tujuan penggunaan website dan menentukan konsep desain yang akan dibuat berdasarkan analisis data; kedua, pengelompokan dan pemilihan data yang telah diperoleh untuk membuat halaman–halaman website; ketiga, proses pembuatan layout yang disesuaikan dengan isi atau content website, pembuatan animasi dan pengaturan bagian–bagian halaman website dan pengujian secara offline hingga akhirnya website di unggah (upload) pada jaringan internet untuk bisa dikunjungi oleh user. Website ini memiliki konsep desain gaya minimalis dengan elemen–elemen yang sederhana,. Layout left index dengan komposisi asimetris dipilih karna tampilannya sederhana dan untuk memudahkan pengunjung website. Warna yang digunakan didominasi warna biru monokromatik yang dipadukan dengan warna abu – abu dan putih dengan memberikan sedikit warna orange pada header sebagai variasi. Seluruh elemen desain yang terdapat dan ditampilkan pada website merupakan citra “Perusda Percetakan dan Penerbitan Kabupaten Sragen” yang juga sumber informasi tentang pelayanan jasa percetakan dan penerbitan. Tampilan situs web “Perusda Percetakan dan Penerbitan” memiliki keunggulan untuk menarik browser supaya lebih memhamai tentang jasa dari “Perusda Percetakan dan Penerbitan” guna meningkatkan pendapatan daerah dalam hal pelayanan jasa percetakan dan penerbitan. Website ini dibuat masih dalam keadaan offline yang nantinya akan di hubungkan pada jaringan internet yang bisa diakses melalui program browser.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Website
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 02:39
Last Modified: 03 Jul 2012 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item View Item