Potensi Pariwisata di Kabupaten Banjarnegara Dalam Rancangan Poster sebagai Media Promosi


Naralita Tunjungsari, 2450407048 (2012) Potensi Pariwisata di Kabupaten Banjarnegara Dalam Rancangan Poster sebagai Media Promosi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Potensi Pariwisata di Kabupaten Banjarnegara Dalam Rancangan Poster sebagai Media Promosi] Microsoft Word (Potensi Pariwisata di Kabupaten Banjarnegara Dalam Rancangan Poster sebagai Media Promosi) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kabupaten Banjarnegara memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, namun kurangnya media promosi sehingga wisatawan yang datang sangat sedikit, hanya pada waktu tertentu obyek wisata memiliki pengunjung yang banyak. Berdasarkan kondisi tersebut penulis mempunyai ide untuk membuat salah satu media yang bisa dijadikan sebagai media promosi yaitu poster, dengan harapan mampu mendorong untuk mempromosikan obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara. Pembuatan proyek studi ini bertujuan untuk menuangan ide dan gagasan mengenai potensi pariwisata di Kabupaten Banjarnegara dalam karya fotografi yang diaplikasikan pada desain poster sebagai salah satu media promosi pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Dalam berkarya, penulis menggunakan teknik fotografi yang dipadukan dengan grafis komputer. Gambar dari foto tersebut kemudian diolah dengan menggunakan program Adobe Photoshop untuk dijadikan sebuah desain poster. Untuk menghasilkan gambar yang besar dan keakuratan warna yang baik maka proses cetaknya melalui print-out dengan menggunakan printer merk Xerox Docucolour 7000 AP. Dalam proyek studi ini disajikan 15 karya desain poster dengan ukuan 42 x 29,7 cm. Dalam setiap karya poster, subyek utamanya merupakan foto obyek pariwisata di Kabupaten Banjarnegara yang bisa menarik perhatian sehingga bisa dijadikan sebagai media promosi pariwisata. Poster pariwisata yang dibuat di antaranya meliputi obyek wisata: Anglir Mendung, Serayu Adventure Indonesia, Taman Rekreasi Margasatwa, Waduk Besar Jenderal Soedirman, dan obyek wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Karya desain poster tersebut disajikan lewat pameran yang yang dilaksanakan di gazebo kampus seni Rupa Unnes, dan bisa dinikmati oleh semua kalangan dan bisa menjadi sarana promosi pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Sehingga desain poster dalam proyek studi ini dapat dijadikan sebagai salah satu media promosi untuk pariwisata di Kabupaten Banjarnegara. Untuk Pemerintah Kabupaten Banjarnegara diharapkan bisa lebih meningkatkan promosi obyek wisata dengan berbagai media, sehingga semakin banyak masyarakat yang semakin tertarik untuk mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fotografi, Poster, Pariwisata, Media Promosi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 02:36
Last Modified: 03 Jul 2012 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item