Danseigo Yang Digunakan Dalam Komik Hokuto no Ken


Rani Santika Hapsari, , 2352307001 (2011) Danseigo Yang Digunakan Dalam Komik Hokuto no Ken. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Danseigo Yang Digunakan Dalam Komik Hokuto no Ken] Microsoft Word (Danseigo Yang Digunakan Dalam Komik Hokuto no Ken) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Setiap bahasa mempunyai karakterisitik yang berbeda-beda. Tidak seperti bahasa Indonesia, bahasa Jepang mempunyai gender yaitu penggunaan bahasa yang berbeda untuk pria dan wanita. Danseigo adalah ragam bahasa yang digunakan oleh penutur pria, sedangkan joseigo adalah ragam bahasa yang digunakan oleh penutur wanita. Akan tetapi, danseigo dan joseigo ini kurang dipelajari dalam pembelajaran bahasa jepang. Danseigo banyak sekali ditemukan dalam film, komik dan lain-lain. Selain itu, penulis memilih danseigo untuk dibahas dan bukan joseigo karena penulis lebih tertarik dengan danseigo lagipula masih jarang digunakan sebagai bahan untuk penulisan Tugas Akhir. Penulis memilih komik Hokuto no Ken untuk dianalisis karena komik ini merupakan komik action dan banyak sekali tokoh laki-laki yang menggunakan danseigo dalam percakapannya Berdasarkan latar belakang di atas penulis mengambil judul “Danseigo yang Digunakan Dalam Komik Hokuto no Ken”. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis membatasi masalah pada aspek-aspek kebahasaanya, yaitu danseigo yang digunakan dalam komik Hokuto no Ken. Masalah yang dibahas yaitu shuujoshi (partikel akhiran) dan ninshou daimeshi (pronomina orang). Tujuan penulis meneliti komik ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui ragam dan fungsi danseigo dalam komik Hokuto no Hen. Metode yang digunakan penulis adalah: pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penulis menjelaskan secara singkat mengenai danseigo yang digunakan dalam komik Hokuto no Ken. Sumber data yang digunakan oleh penulis berupa komik Hokuto no Ken. Obyek data yaitu danseigo yang terdapat dalam komik Hokuto no Ken. Penulis mencari data dengan teknik studi pustaka. Temuan penulis kalimat yang menggunakan ragam bahasa pria atau danseigo ada 206. Shuujoshi yang ditemukan penulis ada 65 kalimat, dan ninshou daimeshi berjumlah 141 kalimat. Ragam bahasa pria dan wanita banyak dipakai dalam berkomunikasi secara informal oleh masyarakat Jepang sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: danseigo
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 01:32
Last Modified: 03 Jul 2012 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item