Pokok-pokok Pemikiran Eksistensialisme Jean-Paul Sartre yang Termanifestasikan pada Tokoh Meursault dalam Roman L’Étranger Karya Albert Camus.

Wulan Kusuma.Wardani, , 2350407011 (2012) Pokok-pokok Pemikiran Eksistensialisme Jean-Paul Sartre yang Termanifestasikan pada Tokoh Meursault dalam Roman L’Étranger Karya Albert Camus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Eksistensialisme dari kata dasar exist yang berarti ada. Titik sentral persoalan dalam eksistensialisme adalah eksistensi manusia. Dalam eksistensialisme Sartre, eksistensi manusia itu diperoleh oleh manusia itu sendiri, tanpa ada bantuan dari orang lain, manusia bersandar sepenuhnya pada pilihan-pilihannya. Roman L’Étranger karya Albert Camus, merupakan salah satu karya sastra pada abad ke-20 yang kental akan elemen-elemen eksistensialis. Selain itu, Sartre juga banyak berpengaruh terhadap penciptaan karya-karya dari Albert Camus. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu mengidentifikasikan manifestasi pemikiran eksistensialisme Sartre terhadap tokoh Meursault yang didalamnya juga menganalisis: (1) konsep dua cara berada melalui l’être-en-soi dan l’être-pour-soi, (2) bentuk kebebasan Meursault menurut konsep Sartre, (3) konsep Ketiadaan yang berupa mauvaise foi yang terjadi dalam diri Meursault, (4) relasi antar manusia yang terwujud melalui; emosi, rasa benci, sikap acuh tak acuh, cinta, dan nafsu seksual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola keberadaan dan ketiadaan Meursault, serta implementasinya terhadap lingkungan melalui relasi antar manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif analitik untuk menganalisis manifestasi pemikiran eksistensialisme Sartre terhadap tokoh Meursault. Penelitian ini mengambil data berupa kalimat-kalimat yang memuat konsep eksistensialisme Sartre yang sesuai dengan rumusan masalah. Sumber data dalam penelitian ini berupa roman yang berjudul L’Étranger karya Albert Camus. Setelah menganalisis secara bertahap, penulis mengetahui bahwa pada dasarnya segala aktivitas Meursault didominasi melalui wujud dari pour-soi-nya, karena dalam melakukan aktivitas Meursault mendasarkan pemikirannya melalui kesadaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksistensialisme, Sartre, L’Étranger, Camus.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Jul 2012 20:57
Last Modified: 02 Jul 2012 20:57

Actions (login required)

View Item