Perbandingan Aspek Kebudayaan dalam Undangan Perancis dan Undangan Indonesia


Aulia Rahim, , 2350406019 (2011) Perbandingan Aspek Kebudayaan dalam Undangan Perancis dan Undangan Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Aspek Kebudayaan dalam Undangan Perancis dan Undangan Indonesia] Microsoft Word (Perbandingan Aspek Kebudayaan dalam Undangan Perancis dan Undangan Indonesia) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Bahasa merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari satu pihak kepada pihak lain. Salah satu pesan yang menggunakan bahasa sebagai sarananya adalah surat undangan. Surat undangan adalah beberapa kelompok kata atau kalimat yang biasanya menyimpan maksud tertentu. Surat undangan dalam bahasa Prancis seperti juga dalam surat undangan Indonesia, berisi pemberitahuan sekaligus ajakan untuk menghadiri suatu acara tertentu. Setiap kalimat yang terdapat dalam surat undangan tentu sarat dengan kebudayaan. Bahasa dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kebudayaan yang terdapat dalam surat undangan Prancis dan padanannya dalam surat undangan Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya Prancis terhadap budaya Indonesia. Ada 15 data yang dianalisis dalam penelitian ini, yaitu surat undangan yang diambil dari http://www.google.fr/images?hl=fr&q=letter%20d%27invitation%20officielle&um=1&ie=UTF8&source=og&sa=N&tab=wi06-02-2011 dan http://www.google.fr/images?um=1&hl=fr&tbs=isch%3A1&sa=1&q=letter+d%27invitation+non+officielle&btnG=Rechercher&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=06-01-2011. Teori yang digunakan untuk menganalisis data yaitu 6 aspek kebudayaan terdiri dari les rites, les cultes, la tradition mythologique, les vêtements, l’habitat dan l’artisanat. Data dianalisis sesuai dengan indikator yang sesuai dengan indikator tiap aspek budaya. Dari 15 data yang dianalisis, terdapat 11 data yang tidak berpadanan makna dengan data dalam surat undangan Indonesia, yaitu data yang mengandung nilai, prinsip hidup dan norma dalam masyarakat. Sisanya, yaitu 4 data berpadanan makna dengan kebudayaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aspek kebudayaan, surat undangan Prancis, padanan
Subjects: P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 00:49
Last Modified: 03 Jul 2012 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12852

Actions (login required)

View Item View Item