Kritis Soal Ujian Nasional Bahasa Prancis Tahun 2011.


Novi Dwi.Lestari, , 2301406016 (2011) Kritis Soal Ujian Nasional Bahasa Prancis Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kritis Soal Ujian Nasional Bahasa Prancis Tahun 2011. ] Microsoft Word (Kritis Soal Ujian Nasional Bahasa Prancis Tahun 2011. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Salah satu jenis evaluasi hasil belajar dalam sistem pendidikan nasional adalah evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS) yang sekarang disebut dengan Ujian Nasional (UN). UN bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi kelulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Agar dapat membantu siswanya dalam menghadapi UN, guru bahasa Prancis perlu mengetahui dengan baik tentang soal UN bahasa Prancis. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa unsur dalam soal UN. Unsur tersebut adalah sifat tes kebahasaan dan jenis tes kebahasaan. Apabila guru mengetahui dengan baik tentang unsur-unsur yang terdapat dalam soal UN, maka guru memiliki acuan dalam menyusun soal dan guru dapat membantu siswanya dalam menghadapi UN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam sifat tes kebahasaan dan jenis tes kebahasaan yang terdapat dalam soal UN bahasa Prancis tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai pendekatan penelitiannya. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal UN bahasa Prancis tahun 2011. Teknik yang digunakan untuk mengumpilkan data dalm penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat diambil simpulan dan hasil analisis menurut ragam sifat tes kebahasaan adalah 28 butir soal (56%) bersifat diskrit, 22 butir soal (44%) bersifat pragmatik dan tidak ditemukan soal yang benar-benar bersifat integratif. Hasil analisis menurut jenis tes kebahasaan adalah seluruh soal dalam Ujian Nasional bahasa Prancis tahun 2011 termasuk dalam tes ketrampilan berbahasa, yaitu tes membaca. Sebagian soal tersebut juga termasuk dalam tes kompetensi kebahasaan, yaitu kosakata tentang nom, verbe dan adjectif, dan tata bahasa tentang penarapan penggunaan kala, adjectif possessif, adjectif interrogatif, article contracté, préposition, négation, pronom personnel, pronom relatif, pronom tonique dan pronom d’objet Ujian Akhir Nasional memiliki standar atau patokan untuk menentukan kelulusan yang disebut Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Dalam SKL bahasa Prancis ada dua kompetensi yang diujikan, yaitu membaca dan menulis. Soal UN bahasa Prancis tahun 2011 hanya mengujikan kompetensi membaca, hal ini menunjukan bahwa soal-soal tersebut belum memenuhi SKL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kritis, soal ujian nasional bahasa Prancis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Jul 2012 07:53
Last Modified: 02 Jul 2012 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item