Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Sate Kalimat pada Siswa SD Negeri Barusari 02 Semarang


Martinda Mutiara Saputri, ., 2102408119 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Sate Kalimat pada Siswa SD Negeri Barusari 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Sate Kalimat pada Siswa SD Negeri Barusari 02 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Sate Kalimat pada Siswa SD Negeri Barusari 02 Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Keterampilan siswa dalam menulis, khususnya menulis karangan sederhana masih sangat rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana adalah dengan menggunakan media sate kalimat. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai peningkatan keterampilan menulis karangan dan perubahan perilaku pada siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media sate kalimat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana dan perubahan perilaku pada siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan sederhana menggunakan media sate kalimat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes perbuatan berupa penugasan menulis karangan sederhana, sedangkan teknik nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I, siklus II, dan teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian siklus I adalah 60,2, pada siklus II meningkat menjadi 85,5. Dengan demikian peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25,3. Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana juga diikuti dengan perubahan perilaku negatif menjadi perilaku positif. Pada siklus II, siswa yang sebelumnya kurang antusias terhadap pembelajaran menulis karangan sederhana menjadi antusias, senang dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan sederhana menggunakan media sate kalimat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Jawa untuk lebih mengembangkan pembelajaran agar siswa senang dan mudah menerima pembelajaran. Media sate kalimat juga disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran menulis karangan sederhana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, media sate kalimat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:08
Last Modified: 29 Jun 2012 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item