Peningkatan Keterampilan Menceritakan Berbagai Keperluan dengan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora
Evi Christin, , 2102408063 (2012) Peningkatan Keterampilan Menceritakan Berbagai Keperluan dengan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menceritakan Berbagai Keperluan dengan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Keterampilan menceritakan berbagai keperluan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora, masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang hanya mencapai 60,59. Nilai rata-rata tersebut belum mencapai KKM, yaitu 65. Untuk meningkatkan keterampilan menceritakan berbagai keperluan peneliti menerapkan media gambar. Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai keterampilan menceritakan berbagai keperluan dan perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menceritakan berbagai keperluan dan perubahan perilaku pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngawen Blora yang terdiri dari 42 siswa. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes unjuk kerja atau penampilan siswa dalam bercerita, sedangkan teknik nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi audio. Teknik analisis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menceritakan berbagai keperluan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Rata-rata kelas siklus I adalah 67,88. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat 15,82% dari siklus I menjadi 78,62. Peningkatan keterampilan menceritakan berbagai keperluan juga diikuti perubahan perilaku siswa. Siswa yang berperilaku negatif menjadi positif, siswa sangat antusias, tertarik, dan senang mengikuti pembelajaran menceritakan berbagai keperluan menggunakan media gambar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru Sekolah Dasar dalam mengajar bahasa Jawa untuk lebih mengembangkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Media gambar juga disarankan dapat digunakan dalam pembelajaran menceritakan berbagai keperluan pada siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menceritakan berbagai keperluan, media gambar. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Jun 2012 07:03 |
Last Modified: | 29 Jun 2012 07:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12813 |
Actions (login required)
View Item |