Jargon Kelompok Profesi Penebang Kayu di Randublatung Kabupaten Blora


Erika P Rini, 2102407085 (2011) Jargon Kelompok Profesi Penebang Kayu di Randublatung Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Jargon Kelompok Profesi Penebang Kayu di Randublatung Kabupaten Blora] Microsoft Word (Jargon Kelompok Profesi Penebang Kayu di Randublatung Kabupaten Blora) - Published Version
Download (17kB)

Abstract

Dalam kelompok profesi penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora memiliki bahasa khusus yang digunakan untuk berkomunikasi, bahasa khusus itulah yang merupakan bahasa jargon. Bahasa jargon adalah bahasa yang tidak dapat dimengerti oleh masyarakat luar. Untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari banyak bahasa khusus yang mereka gunakan untuk menyebutkan suatu hal. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bentuk jargon yang ada dalam kelompok profesi penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora?, 2) Bagaimanakah makna jargon yang ada dalam kelompok profesi penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi bentuk dan makna jargon yang ada dalam kelompok profesi penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora. Data pada penelitian ini berupa tuturan yang diduga mengandung jargon yang dituturkan oleh kelompok masyarakat yang bekerja sebagai penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora. Data tersebut diperoleh dari beberapa informan dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan rekam. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode padan dan analisis distribusional. Hasil analisis disajikan menggunakan metode informal, yaitu data disajikan dengan bahasa Jawa yang dituturkan sesuai fakta dan dalam mendeskripsi maknanya yaitu menggunakan bahasa Indonesia secara baku. Analisis data pada penelitian ini menghasilkan yaitu pertama, bentuk jargon yang dituturkan oleh para penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora antara lain; bentuk kata dasar, bentuk kata bentukan yang meliputi kata berafiks, kata ulang (reduplikasi), kata majemuk, dan bentuk frasa, serta bentuk huruf dan angka. Kedua, makna jargon yang terdapat pada kelompok profesi penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora adalah makna leksikal dan makna gramatikal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang jargon bahasa Jawa yang dituturkan oleh kelompok profesi penebang kayu di Randublatung Kabupaten Blora. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya yang mengkaji tentang jargon bhasa Jawa dengan objek kajian dan sumber data yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: jargon, ragam bahasa, bentuk, dan makna
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:15
Last Modified: 29 Jun 2012 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12810

Actions (login required)

View Item View Item