Makna Kata Inggih dalam Tuturan Sehari-hari pada Ranah Keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.


Patrisia. Ayuningtyas, , 2102407029 (2011) Makna Kata Inggih dalam Tuturan Sehari-hari pada Ranah Keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Makna Kata Inggih dalam Tuturan Sehari-hari pada Ranah Keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. ] Microsoft Word (Makna Kata Inggih dalam Tuturan Sehari-hari pada Ranah Keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Bahasa Jawa mengandung berbagai tataran yang beragam dalam penggunaan dan fungsi suatu kata. Penggunaan dan fungsi suatu kata berbeda sesuai dengan makna yang terdapat pada kata tersebut. Satu kata dalam bahasa Jawa dapat mempunyai berbagai makna. Salah satu kata yang mempunyai berbagai makna adalah kata inggih. Penggunaan kata inggih beragam konteksnya dalam sebuah interaksi. Hal tersebut menjadikan inggih yang diujarkan mempunyai berbagai makna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) makna apa saja yang terdapat pada kata inggih dalam tuturan sehari-hari pada ranah keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, 2) faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi makna kata inggih dalam tuturan sehari-hari pada ranah keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi makna kata inggih dan faktor-faktor yang mempengaruhi makna kata inggih dalam tuturan sehari-hari pada ranah keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Secara teoretis, penelitian ini menggunakan pendekatan semantik dan pragmatik. Pendekatan metodologis yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa 23 penggalan tuturan kata inggih yang di ambil secara acak dari 41 tuturan. Data penelitian ini adalah penggalan tuturan kata inggih pada keluarga di Perumahan BTN Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak libat cakap, metode simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pilah unsur penentu. Pemaparan hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan secara informal. Hasil penelitian didapat sebelas makna kata inggih yaitu makna mengiyakan, berpura-pura, penegasan, bertanya, mempersilakan, saran, permintaan maaf, meminta, mengingatkan, penolakan secara halus, dan ragu-ragu. Faktor-faktor yang mempengaruhi makna kata inggih antara lain setting and scene, participants, ends, act sequence, key, instumentalities, norm of interaction and interpretation, dan genre. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pembaca, peneliti, dan pemerhati bahasa dalam menemukan beragamnya makna kata inggih yang muncul pada tuturan dalam berbagai ranah. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya dalam meneliti beragamnya makna kata inggih dari ranah dan kajian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kata inggih, makna, tuturan, keluarga
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2012 03:22
Last Modified: 29 Jun 2012 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item