Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Membaca Huruf Jawa di Kelas VI Sekolah Dasar

Isnadi, 2102405647 (2012) Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Membaca Huruf Jawa di Kelas VI Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Membaca huruf Jawa masih dianggap sangat sulit dipelajari, bahkan ketika dilihatkan tulisan berhuruf Jawa rata-rata sudah menolak membaca. Oleh karena itu sekarang ini siswa cenderung enggan untuk mempelajarinya, belum dicoba, baru disodorkan teks berhuruf Jawa untuk dibaca sudah menyerah terlebih dahulu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Media interaktif yang bagaimanakah yang efektif dalam pembelajaran membaca huruf Jawa pada siswa kelas VI Sekolah Dasar”. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif yang efektif dalam pelajaran membaca huruf Jawa kelas VI Sekolah Dasar Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk (media interaktif) tertentu, dan mengkaji keefektifan produk (media interaktif) tersebut. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini meliputi; 1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media interaktif, 2) merumuskan tujuan instruksional, 3) merumuskan pokok materi, 4) membuat prototype media interaktif, 5) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, 6) mengadakan tes dan evaluasi, 7) pendiskripsian hasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif yang mudah dijalankan dan dengan tampilan yang menarik Oleh karena itu media interaktif membaca huruf Jawa yang peneliti temukan sebagai solusi, dengan media interaktif ini siswa dapat dengan mudah menjalankannya dan dapat secara langsung dan aktif dalam belajar dengan animasi, komposisi warna menjadi siswa tertarik. Sehingga membantu guru dalam mengajar. Simpulan dari penelitian ini adalah sarana media pembelajaran berupa media interaktif membaca huruf Jawa ini dapat digunakan supaya siswa lebih tertarik dan aktif dalam pelajaran membaca huruf jawa pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Saran untuk penelitian selanjutnya supaya dikembangkan media interaktif di masing-masing tingkatan, sehingga menjadi media interaktif yang utuh. Serta dengan peberian animasi dan suara yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Membaca, Huruf Jawa,
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 23:13
Last Modified: 28 Jun 2012 23:13

Actions (login required)

View Item