Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Karangan Narasi dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X SMA


Anisa Fadlia,, 2101407184 (2011) Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Karangan Narasi dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Karangan Narasi dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X SMA”.]
Preview
PDF (Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Karangan Narasi dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X SMA”.) - Published Version
Download (119kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyunting karangan narasi siswa kelas X SMA, yaitu terpenuhinya bahan ajar tentang menyunting karangan narasi. Sementara itu, bahan ajar yang ada hanya membahas materi tentang menulis karangan narasi secara umum tanpa adanya materi tentang menyunting karangan narasi secara spesifik. Kurangnya materi tentang penyuntingan membuktikan bahwa selama ini penyuntingan kurang mendapatkan perhatian, padahal kegiatan menyunting itu penting untuk dilakukan agar dihasilkan tulisan yang berkualitas. Terkait dengan hal tersebut maka siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang lengkap dan berkualitas. Bahan ajar yang ada harus dapat memotivasi siswa dalam belajar menyunting karangan narasi karena siswa kesulitan dalam menyunting karangan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA, (2) bagaimanakah karakteristik profil atau prototipe bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, (3) bagaimanakah penilaian guru dan ahli terhadap prototipe bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA, dan (4) bagaimanakah tanggapan siswa terhadap bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA, (2) mengetahui karakteristik profil/prototipe bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, (3) mengetahui penilaian guru dan ahli terhadap prototipe bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual, dan (4) mengetahui tanggapan siswa terhadap bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dalam tujuh tahap, yaitu (1) survei pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi desain, (6) uji coba terbatas, dan (7) deskripsi hasil penelitian. Subjek pemerolehan data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, yaitu angket kebutuhan bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA, angket uji validasi prototipe pengembangan bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual, dan angket tanggapan siswa terhadap bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatatif, yaitu melalui pemaparan dan simpulan data. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh data kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menyunting karangan narasi. Hasil analisis kebutuhan siswa dan guru tersebut selanjutnya dirumuskan ke dalam prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar menyunting karangan narasi, yaitu (1) siswa dan guru membutuhkan bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual, (2) materi disesuaikan dengan kebutuhan dan disertai dengan praktik menyunting, (3) penyajian menarik dan mendorong siswa untuk aktif, dan (4) bentuk fisik buku yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru mulai dari judul buku hingga gambar/ilustrasi. Penilaian yang didapat dari ahli dan guru, yaitu (1) aspek materi bahan ajar menyunting karangan narasi memperoleh nilai rata-rata 76,6 dengan kategori baik, (2) aspek penyajian materi bahan ajar menyunting karangan narasi memperoleh nilai rata-rata 71,9 dengan kategori baik, (3) aspek bahasa dan keterbacaan bahan ajar menyunting karangan narasi memperoleh nilai rata-rata 73,8 dengan kategori baik, dan (4) aspek grafika bahan ajar menyunting karangan narasi memperoleh nilai rata-rata 78 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa dapat diketahui bahwa siswa setuju dengan pernyataan yang diajukan mengenai buku menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan oleh peneliti. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual sesuai dengan kebutuhan siswa. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini, yaitu (1) baik siswa maupun guru membutuhkan bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual, dan (2) dari hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa prototipe bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas X SMA telah sesuai walaupun masih ada beberapa perbaikan. Saran yang dapat penulis rekomendasikan, yaitu (1) guru dapat menggunakan bahan ajar ini sebagai sarana untuk memotivasi siswa dalam belajar menyunting karangan narasi, (2) perlu diadakan pengembangan bahan ajar menyunting karangan narasi untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar menulis narasi, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji kelayakan bahan ajar menyunting karangan narasi dengan pendekatan kotekstual bagi siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar menyunting, karangan narasi, pendekatan kontekstual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2012 02:48
Last Modified: 29 Jun 2012 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12801

Actions (login required)

View Item View Item