Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Model Pengkhayalan Terpimpin Melalui Teknik Rangsang Musik dan Gambar pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 2 Ungaran


Destika Kumalasari Indri, , 2101407115 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Model Pengkhayalan Terpimpin Melalui Teknik Rangsang Musik dan Gambar pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Model Pengkhayalan Terpimpin Melalui Teknik Rangsang Musik dan Gambar pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 2 Ungaran] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Model Pengkhayalan Terpimpin Melalui Teknik Rangsang Musik dan Gambar pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 2 Ungaran) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa tulis yang membutuhkan proses kegiatan. Sebagai sebuah proses, menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase yaitu fase prapenulisan (persiapan), penulisan (pengembangan isi karangan), dan pascapenulisan (telaah dan revisi atau penyempurnaan tulisan). Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini, guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pengkhayalam terpimpin melalui teknik rangsang musik dan gambar dalam menulis pengalaman pribadi? dan (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pengkhayalan terpimpin melalui teknik rangsang musik dan gambar? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VII I setelah diberikan model pengkhayalan terpimpin melalui teknik rangsang musik dan gambar, serta untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi setelah diberikan model pengkhayalan terpimpin melalui teknik rangsang musik dan gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 2 Ungaran. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa lembar observasi, jurnal siswa, jurnal guru, pedoman wawancara, dan panduan dokumentasi pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan tingkah laku siswa. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa yang sebelumnya kurang antusias, kurang bersemangat, kurang tertarik, dan kurang aktif dalam pembelajaran menjadi lebih antusias, tertarik, bersemangat, dan aktif selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 12.63. nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 57,53 dan mengalami peningkatan sebesar 6 menjadi 63,53 pada tahap prasiklus. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat 6,63 dari siklus I menjadi 70,16 dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi menggunakan model pengkhayalan terpimpin melalui teknik rangsang musik dan gambar telah dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII I SMP Negeri 2 Ungaran ke arah yang lebih positif. Peneliti menyarankan agar para guru bahasa Indonesia menerapkan model pengkhayalan terpimpin melalui teknik rangsang musik dan gambar pada pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Karena model ini terbukti dapat mendorong siswa lebih percaya diri, aktif berpikir untuk mengembangkan gagasannya (ide), dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Bagi para peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga dapat memperkaya alternatif pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam menulis pengalaman pribadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis pengalaman pribadi, model pengkhayalan terpimpin, teknik rangsang musik dan gambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2012 01:15
Last Modified: 29 Jun 2012 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12797

Actions (login required)

View Item View Item