Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Metode Group Investigation Teknik Wawancara dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes


Shinta Dev Purwaningrumi, 2101407095 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Metode Group Investigation Teknik Wawancara dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Metode Group Investigation Teknik Wawancara dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Metode Group Investigation Teknik Wawancara dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan masih rendah dan perlu ditingkatkan. Rendahnya kemampuan menulis teks berita disebabkan oleh pemilihan metode, teknik, dan media yang kurang menarik dan membosankan, serta kurang memacu daya imajinasi siswa untuk menulis. Selain itu, guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk membimbing siswa dalam menguasai keterampilan menulis teks berita. Faktor lain juga datang dari siswa itu sendiri. Minat siswa untuk mengikuti pembelajaran menulis teks berita cenderung masih rendah, serta terbatasnya pengetahuan dan pengalaman siswa dalam menulis teks berita menyebabkan minimnya perbendaharaan kosakata yang dimiliki siswa. Pemilihan metode, teknik, dan media yang tepat diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis teks berita melalui metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes?, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita pada kelas siswa VIII C SMP Negeri 1 Larangan Brebes setelah mengikuti pembelajaran melalui metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual?, dan (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Larangan Brebes setelah pembelajaran menulis teks berita dilaksanakan melalui metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita melalui merode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes, (2) mendeskripsikan peningkatan keteramapilan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes setelah mengikuti pembelajaran melalui metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual, dan (3) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VIII C SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes setelah mengikuti pembelajaran dengan metode group investigation teknik wawancara melalui media audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan persuasi siswa SMP kelas VIII. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan Kabupaten Brebes yang berjumlah 36 siswa, terdiri atas 14 putra dan 22 putri. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis teks berita dan variabel penggunaan metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian berupa tes menulis teks berita, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui deskripsi perilaku ekologis, catatan harian guru dan siswa, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 61,1 dan berada dalam kategori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 5,1 atau 7,7% menjadi sebesar 66,22 dan masih berada dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan menulis teks berita meningkat menjadi 11,83 atau 17,9% menjadi sebesar 78,05 dan berada dalam kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih mampu bekerja sama dan berbagi kemampuan dengan teman dalam diskusi kelompok, lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta lebih kritis selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis teks berita melalui metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Larangan dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan metode, teknik, dan media pembelajaran menulis teks berita melalui metode group investigation teknik wawancara dengan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks berita. Penerapan metode, teknik, dan media tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks berita, metode group investigation teknik wawancara, media audiovisual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 08:36
Last Modified: 28 Jun 2012 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item