Peningkatan Keterampilan Membacakan Teks Berita dengan Teknik Meet The Guest pada Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Rembang Kabupaten Rembang.
Fariz Sigit Kurniadi, , 2101407088 (2011) Peningkatan Keterampilan Membacakan Teks Berita dengan Teknik Meet The Guest pada Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Rembang Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membacakan Teks Berita dengan Teknik Meet The Guest pada Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Rembang Kabupaten Rembang.)
- Published Version
Download (15kB) |
Abstract
Salah satu jenis membaca, yaitu membaca nyaring, memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar siswa. Karena kegiatan yang kaya dengan membaca nyaring dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Akan tetapi, pembelajaran membaca nyaring yang dilakukan di sekolah belum mendapat perhatian yang cukup. Hal ini terjadi di SMP Negeri 1 Rembang pada siswa kelas VIII D. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, diperoleh fakta bahwa pembelajaran membacakan teks berita dilakukan secara konvensional. Siswa di SMP Negeri 1 Rembang pun mengalami kesulitan dalam hal pemahaman terhadap aspek-aspek dalam membacakan teks berita. Selain itu, minat belajar siswa kurang sehingga hasil belajar yang dicapai masih rendah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode, teknik, dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan menggunakan teknik meet the guest yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membacakan teks berita pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Rembang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran membacakan teks berita, peningkatan keterampilan membacakan teks berita, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII D SMP N 1 Rembang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik meet the guest. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran membacakan teks berita, mendeskripsi peningkatan keterampilan membacakan teks berita, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIII D SMP N 1 Rembang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik meet the guest. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membacakan teks berita siswa kelas VIII. Adapun sumber datanya yaitu kelas VIII D yang terdiri atas 35 siswa yaitu 17 siswa putra dan 18 siswa putri. Alat pengambilan data nontes berupa pedoman deskripsi perilaku ekologis, pedoman catatan harian guru dan siswa, pedoman sosiometri, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran membacakan teks berita dengan teknik meet the guest. Peningkatan keterampilan menulis membacakan teks berita pada siswa kelas VIII D, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik meet the guest. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VIII D SMP N 1 Rembang yang meliputi tes prasiklus, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,9, sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa mencapai rata-rata sebesar 66,5. Berdasarkan hal tersebut, terjadi peningkatan sebesar 11,6 atau 21,1% yaitu dari 54,9 di prasiklus menjadi 66,5 di siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 77,3 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,8 atau 16,2. Hasil tes siklus II tersebut, menunjukkan bahwa dari 35 siswa, 33 siswa dinyatakan tuntas dan dua siswa belum tuntas karena belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Persentase ketuntasan mencapai 94,2%, ini menunjukkan bahwa target ketuntasan siswa yaitu lebih dari 80% siswa tuntas, telah tercapai. Hal ini membuktikan keberhasilan pembelajaran membacakan teks berita yang dilakukan peneliti. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Perubahan perilaku tersebut menunjukkan lima karakter siswa yaitu keaktifan, keseriusan, kerja sama, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta kemampuan berbagi yang berubah ke arah positif setelah dilaksanakan pembelajaran membacakan teks berita. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti memberikan saran kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan teknik meet the guest dalam pembelajaran membacakan teks berita. Bagi peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai pembelajaran membacakan teks berita dengan metode, teknik, maupun media pembelajaran yang berbeda. Selain itu, bagi pihak sekolah hendaknya memperhatikan sarana prasarana yang ada di sekolah, karena sarana prasarana yang lengkap dan baik akan menciptakan suasana dan proses pembelajaran baik pula.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, membacakan teks berita, teknik meet the guest |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 08:31 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 08:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12793 |
Actions (login required)
View Item |