Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Teknik Latihan Terbimbing dan Penilaian Portofolio untuk Siswa SMP Kelas VIII
Diah Ayu Hardhodedali, , 2101407083 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Teknik Latihan Terbimbing dan Penilaian Portofolio untuk Siswa SMP Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Teknik Latihan Terbimbing dan Penilaian Portofolio untuk Siswa SMP Kelas VIII)
- Published Version
Download (15kB) |
Abstract
Pembelajaran menulis surat dinas saat ini dirasa belum maksimal. Hal ini karena guru lebih mementingkan hasil daripada proses pembelajaran sehingga dalam pembelajaran guru tidak memperhatikan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Belum maksimalnya pembelajaran menulis surat dinas juga disebabkan kurangnya bimbingan dan apresiasi terhadap hasil karya siswa. Pemilihan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio dalam pembelajaran menulis surat dinas merupakan upaya untuk memaksimalkan pembelajaran menulis surat dinas. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan model pembelajaran menulis surat dinas. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji tiga hal, yaitu (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran menulis surat dinas, (2) model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio, dan (3) sikap siswa terhadap model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran menulis surat dinas, (2) mengembangkan model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio, dan (3) memperoleh sikap siswa terhadap model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Tahapan-tahapan dalam penelitian ini antara lain (1) observasi awal, (2) awal pengembangan model pembelajaran, (3) pengembangan model pembelajaran, (4) pengujian terbatas model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio, (5) revisi dan perbaikan model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio, (6) pengujicobaan terbatas model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio, dan (7) deskripsi hasil penelitian. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan, angket penilaian, instrumen tes, dan instrumen nontes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut dikembangkan model pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio berupa karakteristik dan perangkat pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing dan penilaian portofolio. Kegiatan ujicoba terbatas menunjukkan sikap serius, antusias, berani, aktif, kerja sama, kritis, mandiri, dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan beberapa saran, yaitu (1) guru hendaknya memperhatikan dan menggunakan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan agar siswa lebih tertarik dengan pembelajaran menulis khususnya pembelajaran menulis surat dinas, (2) guru sebagai pengajar dan pendidik disarankan untuk membimbing dan memberi motivasi sehingga siswa menjadi lebih percaya diri dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, dan (3) perlu diadakan pengembangan terhadap model pembelajaran menulis surat dinas untuk melengkapi kekurangan pada model pembelajaran menulis surat dinas yang telah ada.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, menulis surat dinas, teknik latihan terbimbing, penilaian portofolio |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 08:18 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 08:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12792 |
Actions (login required)
View Item |