Peningkatan Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola dengan Teknik Simulasi Team Games Tournament pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011


Dyah Purwaningrum, 2101407076 (2011) Peningkatan Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola dengan Teknik Simulasi Team Games Tournament pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola dengan Teknik Simulasi Team Games Tournament pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola dengan Teknik Simulasi Team Games Tournament pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (16kB)

Abstract

Keterampilan menceritakan tokoh idola kelas VII H belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut karena siswa kurang memahami hakikat menceritakan tokoh idola, siswa kurang terampil dalam pemilihan kosakata, siswa kurang berlatih menceritakan tokoh idola. Penggunaan media dan teknik pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Selain itu, guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk membimbing siswa dalam menguasai keterampilan menceritakan tokoh idola. Faktor lain yang memengaruhi rendahnya keterampilan siswa adalah dalam melakukan penilaian, guru hanya meminta siswa mengumpulkan tugas kerangka cerita mengenai tokoh idola namun tidak meminta seluruh siswa untuk menceritakan tokoh idola secara lisan, sehingga siswa tidak mengetahui kesalahan mereka ketika menceritakan tokoh idola. Sesuai aspek kebahasaan, kompetensi dasar menceritakan tokoh idola ini merupakan aspek berbicara yang bentuk penilaiannya dilakukan dengan bentuk lisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) berapa besar kofisien peningkatan keterampilan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menceritakan tokoh idola dengan teknik Simulasi Team Games Tournament dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran yang ditunjukkan saat mengikuti pembelajaran keterampilan menceritakan tokoh idola dengan teknik Simulasi Team Games Tournament. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui besar kofisien peningkatan keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menceritakan tokoh idola dengan teknik Simulasi Team Games Tournament, dan (2) mengetahui perubahan perilaku dan keinginan siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menceritakan tokoh idola dengan teknik Simulasi Team Games Tournament. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menceritakan tokoh idola siswa SMP kelas VII. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran dengan jumlah 27 siswa, terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel pembelajaran dengan teknik Simulasi Team Games Tournament dan keterampilan menceritakan tokoh idola. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk lisan berupa tes menceritakan tokoh idola, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, jurnal guru, jurnal peneliti dan siswa, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih berfokus terhadap penjelasan guru dan berdisiplin dalam tugas, lebih percaya diri dan saling menghargai dalam kegiatan diskusi, serta lebih mampu bekerja sama dan berbagi dengan temannya. Selain itu, diketahui nilai rata-rata kelas pada tes prasiklus mencapai 57,48 dan termasuk dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 7,26 menjadi 64,74 dan termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum memenuhi target penilaian yang ditentukan sehingga perlu dilakukan tindakan pembelajaran siklus II. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran siklus II, nilai rata-rata tes menceritakan tokoh idola siswa meningkat sebesar 9,93. Nilai rata-rata kelas pada tes siklus II mencapai 74,67 dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menceritakan tokoh idola dengan teknik Simulasi Team Games Tournament telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan teknik Simulasi Team Games Tournament. Penerapan teknik tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menceritakan tokoh idola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menceritakan tokoh idola, teknik simulasi, dan teknik Team Games Tournament
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:19
Last Modified: 28 Jun 2012 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item