Pengembangan Buku Panduan Pengasuhan Pengembangan Potensi Menulis Anak TK dengan Pendekatan Kontekstual
Erika Elviani, , 2101407064 (2011) Pengembangan Buku Panduan Pengasuhan Pengembangan Potensi Menulis Anak TK dengan Pendekatan Kontekstual. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengembangan Buku Panduan Pengasuhan Pengembangan Potensi Menulis Anak TK dengan Pendekatan Kontekstual)
- Published Version
Download (17kB) |
Abstract
Buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK merupakan buku panduan untuk mengasuh anak TK supaya dapat menulis. Proses pengasuhan menulis harus melihat kesiapan anak dalam belajar menulis yang sebelumnya didasari motorik halus anak yang telah siap. Oleh karena itu, orang tua dan guru TK perlu menstimulus motorik halus anak supaya jari jemari anak lentur guna mempersiapkan anak dalam belajar menulis. Kemampuan menulis menjadi dasar yang utama tidak saja pada pembelajaran berbahasa itu sendiri. Akan tetapi, juga pada pembelajaran mata pelajaran yang lain. Kehadiran buku ini dengan harapan orangtua dan guru TK dapat menggunakannya sebagai salah satu panduan untuk menstimulus atau merangsang anak dalam hal motorik halusnya guna melenturkan jari tangan anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimanakah bahan untuk menstimulasi pengembangan potensi menulis anak yang sesuai dengan kebutuhan orang tuan dan guru TK serta memenuhi syarat untuk meningkatkan potensi menulis anak TK, 2) bagaimanakah rancangan buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK, dan 3) bagaimanakah tanggapan guru dan orangtua terhadap prototipe buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Adapun ruang lingkupnya adalah pengembangan buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK. Sumber data dalam penelitian ini adalah orangtua, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, yaitu angket kebutuhan orangtua dan guru TK terhadap buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK dan angket uji validasi prototipe buku panduan pengasuhann pengembangan potensi menulis anak TK. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Berdasarkan analisis kebutuhan orangtua dan guru TK terhadap buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK diketahui bahwa harapan orangtua dan guru TK, yaitu (a) orang tua dan guru membutuhkan pengetahuan yang berhubungan dengan perkembangan anak, terutama perkembangan motorik halus anak, (b) cara pengasuhan yang efektif sesuai tahap perkembangan tiap-tiap anak, (c) buku panduan yang mudah dipahami dan bermanfaat untuk mengembangan potensi menulis. Prinsip-prinsip pengembangan prototipe buku panduan pengasuhan yang dibutuhkan adalah (1) sampul buku diberi gambar, dan tulisannya dibuat besar supaya jelas dengan judul “Buku Panduan Pengasuhan Pengembangan Potensi Menulis Anak TK”, (2) di dalam buku terdapat petunjuk penggunaan buku, (3) desain/model buku dalam ukuran sedang (14,7 x 20,5), (4) bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baik, komunikatif, dan mudah dipahami, (5) materi/teori ada di dalam buku, yaitu hakikat anak usia dini, perkembangan anak usia dini, cara pengasuhan pengembangan potensi menulis anak, serta tahapan-tahapan menstimulus motorik halus anak, dan (6) adanya gambar ilustrasi dalam buku, dan hasil penelitian tentang penilaian terhadap prototipe buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK. Dari hasil penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, dapat disimpulkan 1) aspek sampul buku memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,8, 2) aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,6, 3) aspek bacaan dan keterbacaan yang meliputi (a) dimensi penyampaian bahan pembelajaran menggunakan bahasa yang baik dan benar, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 81,65, (b) dimensi penggunaan bahasa laras keilmuan, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 84,15, (c) dimensi paragraf dikembangkan efektif, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 81,5, 4) aspek bentuk buku dan isi buku yang meliputi (a) bentuk buku, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82,4, (b) dimensi isi buku, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80. Berdasarkan penilaian ahli dan guru TK tentang buku panduan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK sudah baik dan sudah bisa digunakan sebagai buku panduan untuk menstimulus motorik halus anak sebagai persiapan menulis. Akan tetapi, ada beberapa masukan dari penilain tersebut, yaitu tentang sampul yang gambarnya tidak sesuai dengn judul, gambar yang ada di dalam buku kurang jelas, dan seharusnya ada gambar praktik pengasuhannya sehingga memperjelas orangtua saat mempraktikkannya. Saran yang disampaikan adalah buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK ini dapat dilaksanakan secara maksimal apabila orangtua dan guru TK dengan sungguh-sungguh memperhatikan perkembangan anak dan setiap langkah pembelajarannya. Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi menulis anak TK, hendaknya orangtua dan guru TK senantiasa memberikan pengarahan dan motivasi kepada anak. Perlunya mengadakan pengembangan lebih lanjut terhadap buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK ini guna melengkapi kekurangan pada buku panduan tersebut serta untuk menguji efektivitas penggunaan buku panduan pengasuhan pengembangan potensi menulis anak TK.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku panduan, pengasuhan, menulis, anak usia TK |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 06:16 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 06:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12790 |
Actions (login required)
View Item |