Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Video Klip Tembang Campursari.


Aris Destria , 2102405526 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Video Klip Tembang Campursari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Video Klip Tembang Campursari.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Video Klip Tembang Campursari.) - Published Version
Download (240kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XD SMA Negeri 1 Gemuh masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang hanya 65, masih dibawah nilai standar minimal sebesar 67. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang begitu antusias, banyak siswa yang berbicara sendiri dan terdapat siswa yang tidur ketika pembelajaran berlangsung. Rendahnya nilai menulis karangan deskripsi siswa disebabkan karena dalam pembelajarannya guru bahasa Jawa belum melakukan variasi pembelajaran dengan menggunakan media. Penggunaan media audiovisual dengan cara menayangkan video klip tembang campursari diharapkan tepat dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Berdasarkan temuan tersebut maka rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media video klip tembang campursari pada siswa kelas XD SMA 1 Gemuh, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XD SMA 1 Gemuh dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media video klip tembang campursari. Adapun tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa SMA 1 Gemuh kelas XD dengan menggunakan media video klip tembang campursari, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa SMA 1 Gemuh kelas XD dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media video klip tembang campursari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaanya direncanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk memperoleh data keterampilan menulis karangan deskripsi. Teknik nontes digunakan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa. Teknik nontes terdiri dari hasil: observasi, jurnal, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan media video klip tembang campursari, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal 65, pada siklus I menjadi 70,7 atau meningkat 8,8%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 79,5. Maka jika dibandingkan dari data awal, siklus II meningkat sebanyak 22,3% dan dari siklus I meningkat sebanyak 12,4. Perilaku siswa mengalami perubahan kearah yang lebih baik, apabila sebelumnya siswa cenderung pasif, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media video klip tembang campursari siswa menjadi lebih aktif bertanya dan berkomentar. Saran peneliti adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan guru bahasa Jawa dalam memberikan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media video klip tembang campursari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis karangan deskripsi, media video klip tembang campursari.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Apr 2011 06:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item