Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dengan Model Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD) pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Temanggung


Pebri Dwi Lesmono.Nugroho, 2101407007 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dengan Model Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD) pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dengan Model Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD) pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Temanggung] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dengan Model Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD) pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Temanggung) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Keterampilan menulis surat resmi kelas VIII G belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut disebabkan siswa kurang memahami sistematika surat resmi, siswa sulit memahami aturan-aturan kebahasaan dalam penulisan surat resmi, dan siswa kurang terampil dalam pemilihan kosakata. Penggunaan media dan teknik pembelajaran juga kurang menarik dan membosankan. Faktor lain yang memengaruhi rendahnya keterampilan siswa adalah dalam melakukan penilaian, guru hanya meminta siswa mengumpulkan tugas menulis surat resmi namun tidak mengembalikan tugas yang telah dikoreksi kepada siswa, sehingga siswa tidak mengetahui kesalahan mereka ketika mengerjakan tugas. Penggunaan model Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD) didasari kelebihan model antara lain, (1) siswa memiliki keterampilan bertanya dalam membahas suatu permasalahan, (2) siswa lebih intensif dalam mengadakan penyelidikan mengenai suatu masalah, (3) mengembangkan bakat kepemimpinan dan mengajarkan keterampilan berdiskusi, (4) memungkinkan guru untuk lebih memperhatikan siswa dan kebutuhan belajarnya, (5) memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa menghargai, menghormati pribadi temannya, dan menghargai pendapat orang lain, (6) meningkatkan kemampuan akademik siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Temanggung setelah diberikan model kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD)? dan (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Temanggung setelah diberikan model kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD)? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat resmi siswa SMP kelas VIII. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri I Temanggung dengan jumlah 30 siswa, terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih berfokus terhadap penjelasan guru dan disiplin dalam tugas, lebih percaya diri dan saling menghargai dalam kegiatan diskusi, serta lebih mampu bekerja sama dan berbagi dengan temannya. Selain itu, diketahui nilai rata-rata kelas pada tes prasiklus mencapai 62,93 dan termasuk dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 14,14% menjadi 77,07 dan termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan siklus II, nilai rata-rata tes menulis surat resmi siswa meningkat sebesar 9,17%. Nilai rata-rata kelas pada tes siklus II mencapai 86,24% dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis surat resmi dengan model kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD) telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif dan meningkatkan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII G SMP Negeri I Temanggung. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan model kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD). Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis surat resmi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, surat resmi, Model Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD).
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:12
Last Modified: 28 Jun 2012 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item