Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Teknik Latihan Berjenjang dengan Media Kartu Kalimat Siswa Kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus.


Fidiana. Sari, , 2101406596 (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Teknik Latihan Berjenjang dengan Media Kartu Kalimat Siswa Kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Teknik Latihan Berjenjang dengan Media Kartu Kalimat Siswa Kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus. ] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Teknik Latihan Berjenjang dengan Media Kartu Kalimat Siswa Kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus. ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pengembangan keterampilan menulis karangan narasi perlu mendapatkan perhatian serius sejak tingkat pendidikan dasar. Namun, sampai saat ini keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis narasi siswa SD N I Jepang Pakis antara lain terlihat dari siswa masih sulit menulis karangan narasi berdasarkan struktur karangan yang tepat, kebnyakan siswa tidak memperhatikan tulisan mana yang harus menggunakkan huruf kapital, siswa tidak memperhatikan tanda baca titik, koma, dan hubung dalam karangan narasi, dan yang terakhir adalah rendahnya kesadaran siswa untuk menulis karangan karangan narasi serta sulit mencari gagasan. Kesulitan siswa tersebut ternyata membawa pengaruh kurang baik terhadap siswa. Tidak jarang siswa menyontek ide karangan teman. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan memanfaatkan media dalam pembelajaran. Namun selama ini guru belum menggunakan media dalam pembelajaran. Menyikapi kondisi ini, penulis tertarik menggunakan media kartu kalimat melalui teknik latihan berjenjang dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Pemilihan media kartu kalimat melalui teknik latihan berjenjang ini sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan media kartu kalimat melalui teknik latihan berjenjang pada siswa kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus dalam pembelajaran menulis karangan narasi setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi melalui teknik latihan berjenjang dengan menggunakan media kartu kalimat, dan (2) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas V SD N I Jjepang Pakis Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi melalui teknik latihan berjenjang dengan menggunakan media kartu kalimat. Tujuan penelitian adalah mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dan perubahan perilaku siswa kelas V SD N I Jepang Pakis Kudus setelah mengikuti pembelajaran. Adapun manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu bahasa, kepentingan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis karangan narasi. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik, yaitu teknik tes dan teknik nontes. Pengumpulan data tes dilakukan dengan pemberian tes menulis karangan narasi pada siswa sedangkan pengumpulan data nontes dilakukan dengan observasi, jurnal guru dan jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan dengan teknik kuantitatif sedangkan data nontes dengan teknik kualitatif. Berdasarkan data tes diketahui bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan melalui teknik latihan berjenjang dengan media kartu kalimat. Peningkatan terlihat dari perolehan nilai rata-rata 68,8 pada siklus I menjadi 73,9 pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata yang terjadi adalah sebesar 5,1 poin. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi tersebut juga diikuti dengan perubahan perilaku belajar siswa kearah positif. Siswa menjadi aktif, senang, serius, dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran menulis karangan narasi. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan media kartu kalimat melalui teknik latihan berjenjang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi serta dapat merubah perilaku belajar siswa kearah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk lebih mengembangkan pembelajaran agar siswa senang dan mudah menerima pembelajaran. Penggunaan teknik latihan berjenjang melalui media kartu kalimat dalam menulis karangan narasi juga disarankan untuk dipergunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan narasi, teknik latihan berjenjang, media kartu kalimat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:03
Last Modified: 28 Jun 2012 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12787

Actions (login required)

View Item View Item