Peningkatan keterampilan Menulis Poster melalui Model Concept Sentence pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo


Laeli Safitri, 2101405713 (2011) Peningkatan keterampilan Menulis Poster melalui Model Concept Sentence pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan keterampilan Menulis Poster melalui Model Concept Sentence pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo] Microsoft Word (Peningkatan keterampilan Menulis Poster melalui Model Concept Sentence pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Menulis sebagai kemampuan yang aktif dan produktif merupakan respon pembelajaran yang hasilnya dikomunikasikan melalui tulisan. Di dalam tulisan tersebut diekspresikan ide atau gagasan untuk dikomunikasikan kepada orang lain. Berdasarkan observasi awal, kondisi keterampilan menulis poster siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wadaslintang Wonosobo masih kurang memuaskan. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis khususnya menulis poster, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis poster pada siswa kelas VIII A SMP N 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo dengan menggunakan model concept sentence, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII A SMP N 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran menulis poster dengan model concept sentence, dan (3) bagaimana tanggapan siswa kelas VIII A SMP N 3 Wadaslintang terhadap pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan keterampilan menulis poster pada siswa kelas VIII A SMP N 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo dengan model concept sentence, (2) perubahan perilaku siswa kelas VIII A SMP N 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran menulis posster dengan model concept sentence, dan (3) tanggapan siswa kelas VIII A SMP N 3 Wadaslintang terhadap pembelajaran menulis poster dengan model concept sentence. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis poster siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Dalam setiap siklus terdapat instrumen tes dan nontes. Instrumen nontes berupa hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis poster pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada siklus I nilai rata-rata 67,39 meningkat menjadi 79,61 pada siklus II. P:eningkatan ini disebabkan siswa dapat menyesuaikan diri dengan model concept sentence dalam pembelajaran menulis poster yang digunakan oleh guru. Hasil observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi foto menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif pada tiap siklus. Hal tersebut terlihat pada perubahan tanggapan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, poster, model concept sentence.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 05:52
Last Modified: 28 Jun 2012 05:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item