Ragam Strategi Pembelajaran Materi Agama Pada TK Islam Di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus


Siti Khoiriyah,, 1601908023 (2011) Ragam Strategi Pembelajaran Materi Agama Pada TK Islam Di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Ragam Strategi Pembelajaran Materi Agama Pada TK Islam Di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus] Microsoft Word (Ragam Strategi Pembelajaran Materi Agama Pada TK Islam Di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pendidikan Islam sebagai suatu proses pengembangan potensi kreativitas murid (peserta didik) bertujuan untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, berbudi pekerti luhur, mandiri dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri, bangsa, negara dan agama. Pendidikan agama lebih dititikberatkan pada bagaimana membentuk kebiasaan yang selaras dengan tuntutan agama. Guru agama harus mampu mengubah sikap anak didiknya agar menerima pendidikan agama yang diberikannya. Permasalah dalam penelitian ini adalah Apa yang menjadi muatan dalam pembelajaran materi agama Islam di TK Islam di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dan Apa saja strategi yang digunakan dalam pembelajaran materi agama di TK Islam di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pembelajaran Materi Agama yang digunakan, sehingga dapat meningkatkan proses belajar-mengajar di Taman Kanak-kanak (TK) Islam di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak (TK) Islam Kec. Dawe Kab. Kudus yang terdiri dari; Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat NU. Al-Munawwaroh, Faidlur Rahman dan Siti Aminah. Sumber data penelitian ini adalah guru, dokumen yang digunakan adalah arsip dan dokumen resmi TK Islam Kec. Dawe Kab. Kudus. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang dipakai guru TK Al-Munawwaroh tentang Pengajaran Keimanan adalah mengoptimalkan kreativitas guru. Strategi Pengajaran Akhlak adalah pengemasan materi agar siswa terasa mudah dan enak. Strategi Pengajaran Ibadah adalah pengemasan materi yang baik supaya anak mudah untuk memahami. Strategi Pengajaran Qiraat Qur’an adalah mengemas meteri dengan baik supaya siswa terasa mudah dan enak dalam menerima pelajaran. Strategi yang dipakai guru TK Faidlur Rahman tentang Pengajaran Keimanan adalah pengelolaan pembelajaran yaitu dengan menata interaksi antara siswa dan guru. Strategi Pengajaran Akhlak adalah perencanaan yang mencakup perangkat, kebutuhan dan perlengkapan pembelajaran. Strategi Pengajaran Ibadah adalah pengelolaan materi pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa. Strategi Pengajaran Qiraat Qur’an adalah mengemas materi pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa. Strategi yang dipakai guru TK Siti Aminah tentang Pengajaran Keimanan adalah menyampaikan isi pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Strategi Pengajaran Akhlak adalah penyampaian pembelajaran yang bervariasi. Strategi Pengajaran Ibadah adalah memotivasi siswa agar mampu meningkatkan semangat belajar. Strategi Pengajaran Qiraat Qur’an adalah pembuatan catatan kemajuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran dan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 00:20
Last Modified: 28 Jun 2012 00:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

View Item View Item