Minat Pelamar pada Perusahaan yang Memakai Iklan RJP dan Iklan TJP.


Adi Setiawan, 1550406051 (2011) Minat Pelamar pada Perusahaan yang Memakai Iklan RJP dan Iklan TJP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Minat Pelamar pada Perusahaan yang Memakai Iklan RJP dan Iklan TJP.] Microsoft Word (Minat Pelamar pada Perusahaan yang Memakai Iklan RJP dan Iklan TJP.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah penggunaan jenis iklan Traditional Job Preview (TJP) oleh perusahaan dalam mengiklankan pekerjaan. Iklan TJP dengan deskripsi pekerjaan secara positif dan berlebihan dalam pembuatan iklan lowongan pekerjaan membuat jumlah pelamar yang berminat melamar pekerjaan tersebut menjadi banyak. Posisi teller yang diiklankan dengan model TJP diminati banyak pelamar. Hal ini menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri karena selain pelamar tidak mengetahui dengan benar jenis pekerjaan tersebut, perusahaan juga direpotkan dalam proses rekruitmen karena jumlah pelamar yang banyak. Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi UNNES dipilih sebagai subjek penelitian karena merupakan populasi yang meminati pekerjaan bidang teller tersebut. Idealnya, deskripsi dalam iklan lowongan pekerjaan harus sesuai dengan pekerjaan yang sebenarnya untuk memberi kesan fair bagi calon pelamar. Iklan yang mendeskripsikan pekerjaan secara akurat dan realistis tersebut disebut dengan iklan Realistic Job Preview (RJP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat pelamar pada jenis iklan RJP dan iklan TJP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posstest only control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNNES angkatan 2007 yang belum pernah bekerja sebanyak 15 subjek untuk kelompok eksperimen dan 15 kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan iklan RJP sedangkan iklan TJP diberikan pada kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan skala minat sebanyak 39 item diperoleh 32 aitem valid dengan kisaran koefisien validitas dari 0,410 sampai dengan 0,873 dan koefisien reliabilitasnya 0,959. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan minat pelamar pada iklan RJP dan iklan TJP. Mean pada iklan TJP lebih besar daripada iklan RJP (19>12). Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa iklan TJP lebih diminati daripada iklan RJP. Hal ini disebabkan pelamar lebih memilih pekerjaan yang dianggap memberikan banyak keuntungan. Peneliti menyarankan kepada calon pelamar untuk lebih kritis melihat iklan lowongan pekerjaan, tidak hanya melihat keuntungan yang ditampilkan dalam iklan tetapi juga mempertimbangkan dan menganalisa sisi negatif dari pekerjaan yang diiklankan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Realistic Job Preview, Traditional Job Preview, Minat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 08:38
Last Modified: 27 Jun 2012 08:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item View Item