Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VI SDN 02 Wangkelang”


Milchatun, 1404908028 (2011) Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VI SDN 02 Wangkelang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VI SDN 02 Wangkelang”] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VI SDN 02 Wangkelang”) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VI SDN 02 Wangkelang dalam menyelesaiakan soal cerita matematika. Adapun penyebabnya antara lain siswa tidak antusias mengikuti pembelajaran matematika, belum menyelesaikan pengetahuan prasyarat dalam menyelesaikan soal cerita matematika, dan siswa belum mengetahui teknik menyelesaikan soal cerita matematika. Hal diatas juga disebabkan dari faktor guru yaitu belum bisa membimbing siswa secara maksimal dan belum mampu membuat aktif setiap siswa. Salah satu upaya menyelesaikan masalah diatas yaitu dengan melaksananak penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran berbasis masalah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, keterampilan siswa, dan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyelesaikan soal cerita matematika dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada keterampilan guru mengalami peningkatan sebanyak 10%. Sedangkan keterampilam siswa mengalami peningkatan sebanyak 31%. Dan rata-rata hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika mengalami peningkatan 10%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan guru, keterampilan siswa, dan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika. Disarankan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik perhatian dan lebih bermakna bagi siswa, maka guru harus cerdas memilih metode dan media yang tepat untuk materi/bahan pelajaran tertentu serta sesuai dengan perkembangan siswa seperti pembelajaran yang dikemas dalam permainan. Sebelum memulai pembelajaran, guru seharusnya melakukan pretes untuk mengetahui kemampuan prasyarat yang telah dimiliki supaya pembelajaran berlangsung dengan baik. Guru sebaiknya menjelaskan langkah-langkah atau tahapan menyelesaikan masalah secara terperinci dan mudah dipahami siswa sesuai dengan perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Soal cerita, Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 08:33
Last Modified: 27 Jun 2012 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item