Meningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Learning Community pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kreyo Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang


Nurrohim, 1404908008 (2011) Meningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Learning Community pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kreyo Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Learning Community pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kreyo Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Meningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Learning Community pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kreyo Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas V SDN 01 Kreyo Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang belum optimal.Guru kurang terampil. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Aktivitas siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada materi mata pelajaran IPA. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi membosankan yang berakibat pada hasil belajar siswa juga rendah.Metode yang digunakan adalah tindakan kelas meliputi dua siklus. Tiap-tiap Siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan non tes. Instrument tes berupa penilaian keterampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sedangkan data non tes yang berupa pedoman observasi guru, pedoman observasi siswa, dan dokumen foto. Selanjutnya data analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari prasiklus, siklus I dan siklus II baik dari segi keterampilan guru, aktivitas siswa, maupun hasil belajar siswa. Data tentang aktivitas siswa pada pra siklus 52,95, sedang pada siklus I naik menjadi 63,5%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 70,4%. Adapun data tentang hasil siklus I meningkat menjadi 64,11, dengan ketuntasan 71% dan pada siklus II lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata 80,29 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Learning Community dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran dengan pendekatan Learning Community dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Learning Community.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 08:02
Last Modified: 27 Jun 2012 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item