Peningkatan Hasil Belajar Nilai Pecahan melalui Model Cooperative Type TGT pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Mereng


Imron. Mashadi, 1404908001 (2011) Peningkatan Hasil Belajar Nilai Pecahan melalui Model Cooperative Type TGT pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Mereng. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Nilai Pecahan melalui Model Cooperative Type TGT pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Mereng] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Nilai Pecahan melalui Model Cooperative Type TGT pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Mereng) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehrendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 02Merengtahun pembelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran matematika materi nilai pecahan.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SD N 02 Mereng tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 19 orang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing),Refleksi (reflecting).Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan peningkatan ketrampilan guru;(2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika; (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Cooperative Type TGT. Simpulan penelitian ini adalah (1) ketrampilan guru dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT meningkat. Skor ketrampilan guru pada siklus I adalah 23 kriteria baik. Sedangkan pada siklus II menjadi 29 kriteria baik sekali. (2) penggunaan model pembelajaran TGT meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil rata-rata aktivitas siswa siklus I 2,2 atau 55 % sedangkan pada siklus II 2,9 atau 72 %dengan kriteria baik. (3) hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika pada materi nilai pecahan dengan menggunakan model pembelajaran TGT meningkat. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 57, sedangkan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 70,37. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 57,9 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94,7 %. Peneliti mengharapkan ada guru lain yang melanjutkan penelitian untuk hasil yang lebih baik dalam menerapkan model pembelajaran Cooperative Type TGT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CooperativeType TGT.Nilai Pecahan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:57
Last Modified: 27 Jun 2012 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item View Item