Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang


Sumarmiyati., 1402907265 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS yang dicapai siswa. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan KKM 65 mencapai 50% atau sebanyak 8 siswa, dan yang belum tuntas belajar 50% atau sebanyak 8 siswa. Data hasil identifikasi masalah menunjukkan rata-rata hasil belajar sebesar 50,44. Pelaksanaan pembelajaran IPS kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang belum maksimal karena guru kurang menguasai materi pelajaran, aktivitas guru mengajar tidak menarik, kurang variasi dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif, kurang memanfaatkan media serta alat peraga sehingga menyebabkan siswa tidak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang?, 2) Apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang?, dan 3) Apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Meningkatkan ketrampilan guru dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang, 2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang, 3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian 3 siklus yaitu siklus 1, 2, dan 3. subjek penelitian guru dan siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD N Karangrejo 02 Semarang tahun pelajaran 2011/2012 yang menerapkan pendekatan kontekstual, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Ketrampilan guru mengalami perubahan secara signifikan dari siklus I 59,375%, siklus II 78,125%, siklus III 93,75%, 2) Keaktifan siklus I sebesar 61,20% , siklus II 68,23%, siklus III sebesar 83,59%) Hasil belajar siswa siklus I sebesar 62,50%, siklus II menjadi 81,25%, dan siklus III 100%. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya guru memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa agar pelajaran yang disampaikan tidak membosankan. Hendaknya Kepala Sekolah memfasilitasi segala sarana dan prasarana yang menunjang untuk peningkatan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Pendekatan Kontekstual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:51
Last Modified: 27 Jun 2012 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item