Peningkatan Kualitas Pendekatan Tematik Melalui Metode PAKEM Siswa Kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang


Rita Windrati, 1402907158 (2012) Peningkatan Kualitas Pendekatan Tematik Melalui Metode PAKEM Siswa Kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pendekatan Tematik Melalui Metode PAKEM Siswa Kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pendekatan Tematik Melalui Metode PAKEM Siswa Kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran di SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 masih menggunakan cara konvensional (banyak ceramah). Peran guru masih sangat dominan, siswa masih kurang diaktifkan dalam pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa. Pada saat pembelajaran guru tidak menggunakan pendekatan tematik dan metode pembelajaran yang kurang mengaktifkan siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itulah penelitian melalui PTK menerapkan pendekatan tematik melalui motode PAKEM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan PAKEM dalam pembelajaran tematik meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang dengan metode PAKEM dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 (tiga) siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 44 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan, serta guru kelas II (peneliti). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes, observasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pendekatan tematik melalui metode PAKEM dapat meningkatkan keterampilan guru, keaktivitan siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Hasil ini dapat dilihat dari hasil observasi tentang rata-rata skor keterampilan guru pada siklus I adalah 15 dengan kriteria baik, siklus II adalah 20 dengan kriteria baik, dan siklus III adalah 21 dengan kriteria baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran tematik melalui pendekatan PAKEM yakni siklus I dengan rata-rata 60 dengan ketuntasan belajar 66%, siklus II dengan rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar 80 %, dan siklus III dengan rata-rata 73 dengan ketuntasan belajar 91%. Kesimpulannya pendekatan tematik melalui metode PAKEM dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Saran bagi guru adalah sebaiknya menggunakan pendekatan tematik melalui metode PAKEM agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tematik, PAKEM.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:41
Last Modified: 27 Jun 2012 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12773

Actions (login required)

View Item View Item