Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Srtategi Pembelajran Inkuiri Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang.


Siti Asrofah, 1402408288 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Srtategi Pembelajran Inkuiri Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Srtategi Pembelajran Inkuiri Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang.] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Srtategi Pembelajran Inkuiri Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pendidikan IPS SD bertujuan mengembangkan pengetahuan, serta memiliki keterampilan mengkaji dan memecahkan masalah sosial di lingkungan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang dalam pembelajaran IPS guru kurang variasi dalam mengajar, kurangnya interaksi yang baik antara guru dan siswa, kurangnya media yang digunakan dalam mendukung materi pembelajaran IPS.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran IPS kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang? (2) apakah strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang? (3) Apakah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran IPS. (2) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui strategi pembelajran inkiri sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gajahmungkur 02 Semarang, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, teknik tes berupa tes hasil belajar IPS sedangkan teknik non tes berupa observasi keterampilan guru, observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan: (1) keterampilan guru mengelola pembelajaran terbukti dari hasil observasi keterampilan guru pada siklus I 59%, siklus II 84% dan pada siklus III 93%. (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siklus I 50%, siklus II 75%, siklus III menjadi 89%. (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dari siklus I 60, siklus II 72dan siklus III 80, dengan persentase ketuntasan belajar 88%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaaan strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 semarang. Saran bagi guru, dapat menerapkan strategi pembelajaran inkuiri sosial yang memungkinkan siswa untuk menemukan jawaban dalam pemecahan masalah dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:00
Last Modified: 27 Jun 2012 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item View Item